Tak Patuhi Regulasi JKN-KIS, Kejaksaan Cimahi Panggil 13 Badan Usaha

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kepatuhan dalam membayar iuran merupakan fokus BPJS Kesehatan pada beberapa tahun terakhir ini. Untuk itu, BPJS Kesehatan mempunyai tugas untuk terus mengupayakan kepatuhan pembayaran iuran peserta. Baik Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU/Mandiri) maupun Peserta PPU dalam hal ini Badan Usaha. Dalam rangka sebagai bentuk meningkatkan kepatuhan badan usaha, Kejaksaan Negeri Cimahi melakukan pemanggilan terhadap badan usaha atas dasar SKK dari BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Jumat (29/03/2019).


Kegiatan ini diselenggarakan kaena masihbanyak badan usaha di Kota Cimahi yang menunggak iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mencapai hingga puluhan juta rupiah. Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Bina Hermawan mengatakan bahwa pihaknya mengajukan SKK karena sebelumnya BPJS Kesehatan telah melakukan penagihan kepada perusahaan yang tidak patuh melakukan pembayaran tersebut dan tidak membuahkan hasil.

“Pelimpahan SKK dan pemanggilan oleh kejaksaan telah melalui prosedur yang ada dan tentu saja telah dilakukan upaya penagihan terlebih dahulu dari internal kami yakni Bidang Penagihan dan Keuangan. Untuk itu kami berharap, badan usaha dapat segera memenuhi kewajiban sebagai pemberi kerja dengan melunasi seluruh tunggakan iuran dan memenuhi hak hak pekerja yang sudah tertuang jelas dalam undang-undang,” jelas Bina.

Kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Cimahi dengan Kejaksaan Negeri Cimahi sudah berlangsung hampir 4 tahun ini. Pemanggilan badan usaha melalui Kejaksaan Negeri dapat dibilang efektif.Karena terbukti meningkatkan kepatuhan badan usaha  terhadap program JKN-KIS. Baik dalam hal pendaftaran, penyampaian data, ataupun pembayaran iuran.

Sebagai salah satu hasil dari kerja sama tersebut yaitu dipanggilnya 13 badan usaha hari ini oleh Kejaksaan Negeri Cimahi untuk menindaklanjuti badan usaha yang tidak patuh tersebut. Tidak perlu memakan waktu lama, pemanggilan atas dasar SKK tersebut ternyata membawa hasil yang baik. Pada hari itu juga puluhan juta uang negara dapat diselamatkan dan dipulihkan pasca diterbitkannya SKK tersebut karena banyak badan usaha yang beritikad baik untuk memenuhi kewajibannya melunasi tunggakan iuran JKN-KIS.

“Capaian yang sangat baik ini merupakan buah hasil kerja keras dan sinergi yang dibangun antara Kejaksaan Negeri Cimahi dan BPJS Kesehatan, Ini memperlihatkan bahwa kinerja kejaksaan termasuk juga upaya pencegahan dan penyelamatan keuangan negara dari Bidang Datun. Hal ini merupakan dukungan dalam upaya penegakan hukum terhadap penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan sebagaimana amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan sosial,” ungkap salah satu Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Negeri Cimahi, Yudra Hanika.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …