Dadang Ronda : Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019,Membludak

Para peserta Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019 saat mengikuti senam di Open Space Galery (OSG), Jalan Linggarjati, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus,Kuningan.

Para peserta Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019 saat mengikuti senam di Open Space Galery (OSG), Jalan Linggarjati, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus,Kuningan.

Sementara, Kadisporapar Kabupaten Kuningan, Jaka Chaerul, membuka langsung kegiatan tersebut, Kamis (28/3/2019). Ia mengungkapkan apresiasi positif kepada Dispora Jabar dan ucapan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada Disporapar Kuningan untuk menjadi penyelenggaranya.


Jaka menilai, olahraga tradisional merupakan aktivitas yang di dalamnya tidak hanya terdapat gerak fisik dan unsur permainan rakyat semata. Tetapi juga, terdapat unsur seni budaya dan falsafah luhur warisan para leluhur yang harus dipelihara sekaligus dilestarikan demi menjaga jati diri bangsa.

Ia menuturkan, bahwa di Jawa Barat yang sangat kental dengan adat istiadat suku Sunda, dikenal sebagai salah satu provinsi dimana memiliki banyak jenis dan ragam olahraga tradisional yang tumbuh dan berkembang di berbagai kabupaten dan kota, seperti benjang, dagongan, hadang, egrang, sumpitan, tarumpah panjang, dan lain sebagainya.

“Namun demikian, tanpa upaya nyata yang intensif dari pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten atau kota, seluruh pemangku kepentingan, serta seluruh lapisan masyarakat, bukan tidak mungkin olahraga tradisional ini akan punah tergerus oleh derasnya arus modernisasi dan budaya luar,” katanya.

Lantas Jaka berharap, dengan diadakannya kegiatan ini, akan tumbuh interes di kalangan generasi muda, khususnya para pelajar. Sehingga, olahraga tradisional yang merupakan olahraga turun-temurun dari nenek-moyang itu bisa tetap bertahan ditengah maju pesatnya permainan modern yang seiring kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

“Selain itu, semoga dengan digelarnya pertandingan Oltrad dalam rangkaian Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019 ini dapat terjaring atlet-atlet berbakat serta potensial bagi Kabupaten Kuningan guna mengikuti event, baik di tingkat Jabar, atau nasional,” ungkap Kadisporapar Kabupaten Kuningan.

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …