Kehadiran IKEA Diharapkan Bisa Pasarkan Produk Lokal Jabar

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Toko perlengkapan rumah tangga dari Swedia, IKEA Indonesia akan segera mempunyai toko pertama IKEA yang berada di luar Jakarta setelah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis (28/3).


Hadir dalam groundbreaking tersebut, seperti Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrick Lindvall, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan proyek IKEA Bandung ini telah dia perjuangkan sejak dirinya menjadi Wali Kota Bandung. Emil sapaan akrab Ridwan Kamil juga melihat adanya IKEA ini dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang bagus.

“Pada akhir 2017 ekonomi kami 5,1 persen dan saat ini sudah mencapai 5,7 persen. IKEA ini memberikan investasi sebesar Rp 1,4 triliun. Saya juga titip agar IKEA bisa memasarkan pula produk lokal Jabar yang terbuat dari bambu,” ujarnya.

Ridwan Kamil pun mengaku sangat mendukung adanya IKEA di Bandung ini. Dia pun yakin IKEA bukan hanya melakukan penjualan produk-produk melainkan dapat pula memberikan pelatihan dan membantu desa-desa yang tertinggal.

“Saya telah menjadi customer IKEA sejak 1997. Dipilihnya IKEA di Kota Baru Parahyangan karena memang jaraknya yang dekat dengan akses tol hanya berjarak 500 meter dari pintu tol,” katanya.

Gubernur yang akrab di sapa Emil tersebut pun, meminta agar kerajinan hasil daerah lokal nantinya juga dapat dijual serta adanya kerjasama antara pengerajin lokal bersama IKEA.

Patrik Lindvall mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Jawa Barat, Kedutaan Besar Swedia dan seluruh pihak yang terlibat atas dukungan serta penerimaannya toko IKEA Bandung.

Sebagai informasi, Toko IKEA Bandung ini akan berdiri di atas area lahan seluas 4,4 hektare dengan rencana bangunan seluas 35 ribu meter persegi atau setara tiga kali luas Alun-alun Bandung.

“Kami menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat Bandung,” katanya saat groundbreaking.

Pembangunan IKEA ini diharapkan dapat rampung dan dibuka pada akhir 2020. Patrik juga berharap keberadaan IKEA nanti dapat memberikan inspirasi dan solusi menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi masyarakat di Bandung.

“Hadirnya IKEA Bandung ini dapat memberi kesempatan bagi 400 peluang kerja baru. Kami siap menyambut anggota baru menjadi bagian dari keluarga IKEA,” ucapnya.

Menurit Patrik, produk perabot rumah tangga ini dikembangkan dengan konsep democratic design yang artinya memiliki desain yang baik, fungsional, berkualitas dan berkelanjutan serta yang lebih penting lagi dengan harga terjangkau.

“Selain menghadirkan inspirasi dengan pengalaman berbelanja yang berbeda, toko IKEA juga memiliki restaurant dan bistro dengan menu khas Swedia,” kata Patrik Lindvall.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds