Jokowi – Ma’ruf Unggul di Semua Wilayah, Prabowo – Sandi Hanya di Sumatera

POJOKBANDUNG.com – Survei terbaru Charta Politika menyatakan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin unggul hampir di semua wilayah Indonesia, atas Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Jokowi – Kiai Ma’ruf hanya kalah di Sumatera.

“Jika dilihat dari segi wilayah, Joko Widodo – Ma’ruf unggul hampir di semua wilayah, kecuali di wilayah Sumatera di mana Prabowo Subianto – Sandiaga Uno unggul,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan hasil survei bertajuk “Prediksi Hasil Akhir dan Konstelasi Isu Jelang Pemilihan Umum Serentak 2019”, di Jakarta, Senin (25/3).

Berdasar hasil survei, Prabowo – Sandi unggul di Sumatera dengan raihan 48,3 persen elektabilitas. Prabowo – Sandi hanya meraih 43,3 persen di Sumatera. Yang tidak tahu atau tak menjawab 8,5 persen.

Semua wilayah lain dipukul rata pasangan Jokowi – Kiai Ma’ruf. Di DKI Jakarta dan Banten misalnya, Jokowi – Kiai Ma’ruf meraih 44,2 persen, sedangkan Prabowo – Sandi 40,0 persen. Sementara yang tidak tahu atau tak menjawab 15,8 persen.

Wilayah Jawa Barat juga dikuasai Jokowi – Kiai Ma’ruf dengan raihan elektabilitas 47,4 persen, sedangkan Prabowo – Sandi 42,3 persen, yang tidak tahu atau tak menjawab 10,3 persen.

Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jokowi – Kiai Ma’ruf juga menang telak. Paslon nomor urut 01, itu meraih 68,1 persen, sedangkan pasangan nomor urut 02 hanya meraih 18,4 persen, yang tidak tahu atau tak menjawab 13,4 persen.

Jokowi – Kiai Ma’ruf juga unggul telak di Jawa Timur. Paslon ini meraih 56,9 persen. Prabowo – Sandi hanya meraih 30,9 persen. Yang tidak tahu atau tak menjawab 12,2 persen.

Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Jokowi – Kiai Ma’ruf meraih 64,5 persen, Prabowo – Sandi 28,2 persen. Yang tidak tahu atau tak menjawab 7,3 persen.

Jokowi – Kiai Ma’ruf juga menang di Kalimantan, dengan raihan 58,4 persen, Prabowo – Sandi hanya 32,8 persen. Yang tidak tahu atau tak menjawab 8,8 persen.

Wilayah Sulawesi juga dikuasai Jokowi – Kiai Ma’ruf dengan raihan 53,6 persen. Prabowo – Sandi hanya meraih 33,6 persen. Yang tidak tahu atau tak menjawab 12,9 persen.

Terakhir di Maluku dan Papua, Jokowi – Kiai Ma’ruf meraih 57,1 persen, Prabowo – Sandi 32,9 persen. Yang tidak tahu atau tak menjawab 10,0 persen.

Dalam survei juga ditanyakan alasan pemilih tidak memilih paslon. Pemilih Jokowi – Kiai Ma’ruf tidak memilih Prabowo – Sandi karena alasan belum berpengalaman 16,4 persen, ambisius 15,0 persen, belum tahu program kerjanya 10,1 persen. Sebaliknya alasan pemilih Prabowo – Sandi tidak memilih Jokowi – Kiai Ma’ruf dengan alasan berbeda antara ucapan dengan perbuatan atau tidak bisa dipercaya 16,5 persen, tidak menepati janji 14,0 persen, dan kurang tegas atau berwibawa 8,3 persen.

Sisi kemantapan pilihan, dari total pemilih Jokowi – Kiai Ma’ruf yang berjumlah 53,6 persen, sudah mantap 82,2 persen, masih mungkin berubah 10,8 persen.

Sementara yang tidak tahu atau tak menjawab 6,3 persen. Pemilih Prabowo – Sandi, dari total 35,4 persen, yang sudah mantap 80,6 persen, masih mungkin berubah 14,1 persen. Yang tidak tahu atau tak menjawab 5,2 persen.

Survei digelar 1-9 Maret 2019 melalui wawancara tatap muka langsung melibatkan 2000 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

(boy)

loading...

Feeds

Tim Alpha dan KAMMu Kawal Rekapitulasi Suara

POJOKBANDUNG.com, RELAWAN Pasangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Amin Tim Alpha dan Korps Angkatan Muda Muhamadiyah (KAMMu) Jawa Barat, diminta tidak lengah …

Relawan Jabar Tahan Suara Pasangan 02

Perolehan suara pasangan Prabowo-Sandiaga seolah tidak goyah untuk wilayah Jawa Barat. Meski demikian, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat, mengklaim …

Janji Palsu Pihak SMA Pelita Nusantara

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Niat menyekolahkan anak di sekolah yang layak, namun tidak sesuai harpan. Hanya kekecewan yang didapat. Itulah yang …
cisumdawu

Tol Cisumdawu Siap Digunakan Pemudik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima informasi terbaru terkait kesiapan sebagian ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), untuk mudik …
beasiswa BI

18.565 Mahasiwa Dapat Beasiswa BI

POJOKBANDNG.com, BANDUNG – Program Beasiswa Bank Indonesia dalam bentuk GenBI memasuki tahap pelantikan dan leadership camp. Program tersebut rupanya mendapatkan …
groundbreaking

Groundbreaking Tol NS Link Tunggu Jokowi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih menunggu kepastian jadwal Istana Negara terkait rencana Presiden Joko Widodo, memimpin groundbreaking …
seragam

Pikat Pemilih, KPPS Pakai Seragam SMA

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Untuk menarik minat dan meningkatkan jumlah partisifasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini, Kelompok Panitia …
bidding

Lelang Jabatan Masih Sepi Peminat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Panitia pelaksana seleksi open bidding Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi belum menerima satupun berkas lamaran dari Aparatur …
pileg

Banyak Warga Bingung, tapi Sukses

POJOKBANDUNG.com, PASEH – Pelaksanaan pemungutan suara pada pilpres dan pileg 2019.berjalan lancar dengan suasana damai meski agak membingungkan para pemilih. …