Disbudpar Akan Gencarkan Promosi Wisata Edukasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Demi menarik wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung terus melakukan kolaborasi dengan beragam objek wisata, salah satunya wisata edukasi.

Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, bahwa yang perlu ditingkatkan lagi dari wisata edukasi, ada promosi. Bukan hanya di Kota Bandung, tapi juga secara pasar regional bahkan internasional.

“Promosi harus terus digencarkan oleh wisata edukasi, apalagi yang sifatnya tematik. Dan kami siap berkolaborasi dalam memaksimalkan promosi tersebut,” ungkapnya Pembukaan Bandung Champion City di Lucky Square, Jln. Ters. Jakarta, Kota Bandung, Minggu (24/3).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah memetakan jalur-jalur wisata, termasuk untuk segmen edukasi. Dimana dengan adanya titik-titik wisata tersebut, akan semakin menambah ragam wisata dan menarik minat wisatawan.

“Seperti untuk wisata edukasi bisa juga melakukan kolaborasi dengan dinas pendidikan dan sekolah-sekolah. Dengan demikian, bisa tetap terus berjalan dan bertambah, paling tidak di Jawa Barat,” kata Kania.

Menurutnya, dengan bertambahnya wahana wisata edukasi akan berkontribusi pada wisata Kota Bandung. Mengingat untuk wisata anak sekolah atau pelajar, juga akan membantu meningkatkan sektor lainnya.

“Contohnya dengan berkunjungnya anak sekolah, jika dengan orang tuanya maka hotel-hotel di Kota Bandung semakin terisi. Jadi banyak potensi wisata, tinggal kita gali dan maksimalkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Bandung Champion City, Masrah Marang mengatakan bahwa pada era Revolusi industri 4.0 saat ini, diperlukan banyak inovasi dalam industri wahana bermain. Bandung Champion City hadir sebagai salah satu solusi yang menawarkan wahana bermain dengan mengusung konsep edutainment sebagai ruang eksplorasi anak dan hiburan bagi keluarga.

“Wahana ini juga ditujukan untuk menjadi laboratorium bermain, berbasis kurikulum yang terintegrasi dengan sistem pendidikan nasional,” tuturnya.

Masrah menambahkan dengan konsep edutainment yang dimiliki wahana tersebut, maka memiliki misi untuk membentuk karakter anak menjadi generasi emas. Oleh karena itu, memiliki fitur laporan bermain dalam bentuk pengenalan minat dan bakat anak, untuk dapat membantu orang tua memonitor minat berkarir anak.

“Untuk mendukung hal tersebut, terdapat Psikolog yang akan membantu para orang tua dan guru agar dapat berkonsultasi mendiskusikan hasil dari laporan bermain anaknya,” pungkasnya.

(azs)

loading...

Feeds

petani

Petani di Cipageran Terpaksa Panen Dini

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kekeringan yang melanda Kota Cimahi sejak sebulan lalu, cukup dirasakan petani di wilayah Keluarahan Cipageran, Kecamatan Cimahi …
rs

Dewan Sorot Kekosongan Pimpinan Enam RS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bakal mengagendakan pertemuan dengan Pemeritah Provinsi Jawa Barat, terutama …
regulasi

Regulasi Rumit Ganggu Harga Pangan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Galuh Octania mengingatkan pemerintah terkait harga pangan. Menurutnya, bahwa regulasi …

Kemendikbud Siapkan Rotasi Guru

Pendekatan zonasi tidak hanya diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pendekatan serupa …