Validasi Data Sekaligus Edukasi Peserta tentang JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Sebagai bentuk optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Cimahi kembali melaksanakan spot check Kartu Indonesia Sehat (KIS) sekaligus ini menjadi kegiatan spot check pertama di tahun 2019 kepada masyarakat Desa Padalarang,  Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Jumat (22/03/2019)

Spot Check dilakukan untuk memastikan langsung ke peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI)  yang belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), serta memastikan bahwa identitas pada kartu peserta JKN-KIS seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, serta NIK telah sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Kelurga (KK).

“Pada kegiatan ini, kami melihat langsung apakah kartu JKN-KIS telah diterima peserta yang namanya sesuai dengan data yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, dan hasil spot check hari ini dari total 30 (tiga puluh) keluarga, seluruhnya telah menerima kartu JKN-KIS namun memang belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sugeng Susilo.

Sugeng menambahkan, pada saat spot check ini juga sembari mengedukasi peserta tentang program JKN-KIS serta hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS. Agar peserta paham dan mengetahui alur pelayanan jika membutuhkan pelayanan kesehatan menggunakan JKN-KIS.

“Tentunya masyarakat di daerah sini banyak yang belum memahami alur dan prosedur program JKN-KIS di lapangan, sehingga kami sangat senangdalam kegiatan ini sekaligus bisa memberikan edukasi langsung dari pihak BPJS Kesehatan,” ujar Sugeng.

Salah satu warga yang dikunjungi dalam kegiatan spot check hari ini,Wangsih (45), mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur dan tenangsekarang telah mendapatkan kartu KIS , sehingga kesehatan ia dan keluarganya sudah dijamin JKN-KIS.

““Alhamdulillah saya lega mendapatkan kartu KIS ini. Seneng rasanya akhirnya yang saya tunggu dan saya nantikan sudah saya dapatkan. Dan dengan mendapat penjelasan langsung dari pihak BPJS Kesehatan seperti saya tidak ragu lagi menggunakan JKN-KIS ini untuk berobat nantinya. Tentu program ini sangat bermanfaat bagi kami yang kurang mampu dan semoga program ini tetap berkelanjutan,” ujarnya.(dh)

Loading...

loading...

Feeds

sungai

Sungai di Subang Mulai Alami Kerusakan

pojoksatu.com,SUBANG – Dampak kerusakan alam yang diakibatkan penambangan pasir dan limbah industri mulai terasa. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan dampak buruu …
kampung

Kampung Jabong Bau Kotoran Sapi

pojoksatu.com,SUBANG – Warga di Desa Curugrendeng  Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang mengeluhkan bau tak sedap yang menyengat dari keberadaan peternakan sapi …
Hari pahlawan

Semua Harus Bisa Jadi Pahlawan

pojoksatu.com,SOREANG – Bupati Bandung, Dadang M Naser mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi pahlawan. Hal tersebut diungkapkannya saat bertindak selaku inspektur …

Fatto Bandung Pro Siap Lahirkan Pemain Andal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam upaya mengembangkan bakat sekaligus pembinaan bagi insan sepakbola di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung, kini …