Komunitas ICCC Ajak Masyarakat Kenali Gejala dan Pencegah Kanker

Foto: dok. Kalbe

Foto: dok. Kalbe

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setiap tanggal 4 Februari, di seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari Kanker Sedunia dan di tahun ini, tema yang diambil adalah “Saya Adalah Dan Saya Akan” (I Am and I Will). Tema tersebut bermakna bahwa setiap orang dapat menjadi pahlawan dalam mengurangi dampak bahaya kanker baik pada diri sendiri, pada orang yang dicintai, dan kepada dunia.


Namun, tahukah Anda? Data dari New Global Center Data (Globocon 2018), menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, di mana satu dari lima laki-laki dan satu dari enam perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan satu dari delapan laki-Iaki dan satu dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

Penyakit kanker telah menjadi salah satu penyakit tidak menular (noncommunicable diseases) yang angka mortalitasnya tertinggi di dunia. Di Indonesia sendiri, kanker merupakan penyakit pembunuh ke-3 terbanyak.

Sebenarnya angka kematian ini dapat dicegah, sehingga sekitar 3,7 juta jiwa dapat diselamatkan setiap tahunnya. Asalkan, seseorang dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah penyakit tersebut seperti, memakan makanan yang sehat, aktif bergerak, berhenti merokok, hingga tidak mengonsumsi alkohol.

Selain itu, hal yang perlu dihindari sebagai bentuk pencegahan penyakik kanker adalah dengan menghindari sinar UV (matahari) yang berlebihan, polutan dan zat kimia (seperti asbestos, pestisida, dan BPA). Untuk pencegahan sejak dini lakukan vaksinasi dan cari tahu tanda-tanda dan gejala kanker seperti apa.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia juga telah mencanangkan suatu gerakan masyarakat sehat. Melalui gerakan ini, Kemenkes mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup yang diformulasikan dengan kata CERDIK untuk hidup bebas kanker. CERDIK sendiri memiliki makna, C (Cek kesehatan secara berkala), E (Enyahkan Asap Rokok), R (Rajin Berolahraga), D (Diet seimbang), I (Istirahat yang cukup), dan K (Kelola stres).

Komunitas ICCC Ajak Masyarakat Kenali Gejala dan Pencegah KankerFoto: dok. Kalbe

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia ini, Indonesia Cancer Care Community (ICCC) juga telah melakukan kampanye peningkatan kesadaran (awareness) masyarakat terhadap kanker. Kegiatan yang digelar Sabtu (23/2/2019) di Lippo Mall Kemang (Avenue of the Stars) itu menghadirkan Doctor Talk (Talk show) oleh dr. Sonar Soni Panigoro dan juga Survivor Sharing oleh Ria Irawan dan Atrie Irawan. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara seru lainnya seperti fun dance, Instagram photo competition, health check, hand sign ceremony, dan lain-lain.

Sebagai informasi, ICCC merupakan komunitas yang lahir dari kepedulian para Warrior, Survivor, dan Caregiver Kanker. Komunitas yang berdiri pada 27 Februari 2010 ini bersifat sosial dan nirlaba serta terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat yang peduli akan kanker. ICCC memiliki visi untuk menjadi wadah edukasi, informasi, dan dukungan bagi para Warrior, Survivor, dan Caregiver Kanker dengan slogan ‘We Care, Arise, and Never Give Up!’.

Yuk, kenal lebih dekat dengan ICCC melalui situs iccc.id dan follow akun Instagram ICCC serta Facebook Page ICCC.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …