Iwa Karniwa : Tol Jatiasih-Sadang Ditargetkan Beroperasi Tahun 2020.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan Tol Jatiasih-Sadang bisa beroperasi pada tahun 2020. Program pembangunan yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional itu diprediksi menelan biaya Rp 14 triliun.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, persetujuan penetapan lokasi oleh Gubernur sudah diterbitkan. Saat ini pihaknya sedang menyelesaikan proses pembebasan lahan sekaligus mengurus perizinan penggunaan lahan dari Perhutani.

Sementara itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga nantinya akan berperan dalam memberikan perizinan penggunaan lahan secara daring lewat proses Online Single Submission.

Kabid DPMPTSP nantinya akan meminta Dinas Kehutanan untuk melakuan verifikasi di lapangan. Hasil dari itu menghasilkan semacam rekomendasi teknis untuk bahan Gubernur Jawa Barat mengambil keputusan dan memberi rekomendasi ke Kementrian LHK.

Rencananya, tol ini dibangun sepanjang 64 kilometer untuk memperlancar peredaran arus barang dan orang. Proyek ini diperkirakan bakal menelan hingga Rp14.6 trilyun. Dari jumlah itu, biaya konstruksi mencapai Rp8.8 trilun, dan biaya tanah sekitar Rp10 triliun.

“Target operasi direncanakan 2020,” katanya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (22/3/2019).

Disinggung mengenai skema pembiayaan, proyek ini dilaksanakan dengan menggunakan skema bussiness to bussiness (B2B). Sehingga, tanggung jawab pendanaan berada di tangan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang menangani proyek tersebut.

“Artinya BUJT yang menangani semuanya, baik itu menggunakan dana internal perusahaan atau menggunakan dukungan pinjaman dari perbankan,” jelasnya.

(azs)

loading...

Feeds

rs

Dewan Sorot Kekosongan Pimpinan Enam RS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bakal mengagendakan pertemuan dengan Pemeritah Provinsi Jawa Barat, terutama …
regulasi

Regulasi Rumit Ganggu Harga Pangan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Galuh Octania mengingatkan pemerintah terkait harga pangan. Menurutnya, bahwa regulasi …

Kemendikbud Siapkan Rotasi Guru

Pendekatan zonasi tidak hanya diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pendekatan serupa …