Pelaku Industri Kecil Harus Berani Jangkau Pasar Lebih Luas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Industri kecil merupakan salah satu penopang kehidupan ekonomi masyarakat yang perlu terus mendapat pendampingan. Para pelaku yang ada di dalamnya pun harus diberikan solusi memanfaatkan jaringan agar jangkauan pasarnya lebih luas.

Hal itu yang mendasari Ade Sudrajat memberikan pelatihan kepada industri lokal, khususnya di Jawa Barat agar produktivitas ekonomi para pelaku industri kecil terus tumbuh. Jika lingkungan bisnisnya memadai, maka hal itu bisa memancing pelaku usaha baru sekaligus menyerap tenaga kerja.

Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jawa Barat II itu menambahkan di dapilnya banyak industri lokal bidang penjahit. Yang terbesar itu dari celana denim jeans, baju hingga baju koko. Bahkan, ada satu kampung diberi nama kampung hijab karena di sana memang khusus membuat hijab.

“Ini potensi cukup kuat namun segmen pasar mereka memang ada di menengah bawah. Tentu artinya bahan baku yg sangat kompetitif yang murah ” kata Ade kepada wartawan, Selasa (19/3/2019).

Ade pun punya strategi untuk meningkatkan industri tekstil lokal naik ke menengah atas. Salah satunya adalah membina pelaku industri lokal itu dari sisi desain, membuat pola yang baik dan bener serta cara menjahitnya.

“Bagaimana akses pasar mengenah atas yang dihubungkan dengan kekinian yaitu pasar online. Dengan online pendapatan jauh lebih tinggi dari sekarang. Namun mereka jg harus dibekali ilmu pengetahuan tentang handphone yang berfungsi sebagai IT nya mereka. Bagaimana cara masuk online, bagaimana menawarkan, bagaimana pembayaran dan sebagainya,” tuturnya.

Yang menjadi tantangan dalam penerapan sistem ini adalah berkaitan dengan pola pikir konvensional para pelaku bisnis yang ingin keuntungnya langsung terasa. Di daerah pemilihannya, Ade berencana menyeleksi orang-orang yang mempunyai kemampuan. Menurutnya, pada dasarnya untuk ongkos listrik dan tenaga kerja sama saja. Namun , bagaimana barang yang diproduksi jadi lebih baik.

loading...

Feeds

regulasi

Regulasi Rumit Ganggu Harga Pangan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Galuh Octania mengingatkan pemerintah terkait harga pangan. Menurutnya, bahwa regulasi …

Kemendikbud Siapkan Rotasi Guru

Pendekatan zonasi tidak hanya diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pendekatan serupa …