Efisiensi Anggaran, 120 Sekolah di Bandung Manfaatkan Aplikasi Edubox

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Sebanyak 120 sekolah berbagai tingkatan di Kota Bandung sudah menerapkan sistem smart city dengan memanfaatkan aplikasi bernama Edubox. Pemanfaatan teknologi ini diklaim bisa menekan anggaran hingga miliaran rupiah.

Edubox adalah aplikasi berbasis web yang terdiri dari aplikasi ujian, tugas, dan materi dalam jaringan lokal (intranet) tanpa tergantung kepada akses internet yang diciptakan oleh PT Pinisi Teknologi Edukasi (Pinisi Edubox). Aplikasi ini pertama kali muncul pada tahun 2015 dan diterapkan kepada 25 sekolah percontohan yang ada di Kota Bandung.

“Alhamdulillah, sejak kami mulai beroperasi di tahun 2015 hingga saat ini sudah ada 120 sekolah tingkat sekolah dasar hingga menengah atas telah menggunakan Edubox,” kata Chief Operations Officer PT Pinisi Teknologi Edukasi Fathi Nashrullah, di Kota Bandung, Jumat (15/3).

Dua tahun kemudian, pihaknya dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung terkait penerapan Edubox untuk 57 SMP negeri yang ada di Kota Bandung. Hal itu ia klaim tidak terlepas dari kelebihan yang bisa didapatkan oleh sekolah jika menggunakan Edubox. Salah satunya ialah efisiensi anggaran.

“Jadi ini data dari dinas pendidikan yang menyatakan berkat penggunaan Edubox, ada efisien anggaran pendidikan hingga belasan miliar. Kalau tidak salah sekitar Rp11 miliar,” kata dia.

Selain menghemat anggaran, lanjut dia, Edubox yang memiliki tagline “ujian online tanpa internet” ini memiliki manfaat dalam proses dan penilaian pembelajaraan di sekolah seperti guru mendapatkan kemudahan dalam menyampaikan materi ajar dan ulangan di kelas.

“Selain efisien dari aspek pengadaan kertas untuk penggandaan soal ujian, kelebihan lain dari Edubox ialah terhematnya waktu,” kata dia.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …

Mulai Besok OTT Koruptor Ditiadakan?

Revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK akan berlaku besok (17/10). Hingga tadi malam (15/10), belum ada tanda-tanda Presiden …