Bappeda Jabar Manfaatkan TAP Akselerasi KPBU

ILUSTRASI

ILUSTRASI

Anggota Dewan Pakar TAP Bernadus Djonoputro mengatakan skema KPBU menjadi  prioritas Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk pembiayaan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur. TAP menurutnya membantu Bappeda agar pembentukan Simpul KPBU terealisasi.


TAP berkonsentrasi membantu Bappeda Jabar pada pembentukan Simpul KPBU mengingat unit ini nantinya yang akan mengkoordinasi persiapan proyek-proyek unggulan. Jika ini sudah ada, dia menyakini bukan hanya mampu menarik swasta namun bisa mendapatkan pembiayaan proyek dari pemerintah pusat maupun pihak lain.

“Ini langkah kombinasi antara konsep Blue Book Bappenas dan inisiatif daerah,” ujarnya.

Bernie juga memastikan tiga proyek yang sudah dianggap matang memang layak segera ditawarkan pada investor. Menurutnya proyek sampah, air, hingga jalan merujuk pada implementasi KPBU adalah bidang yang paling banyak diminati.

Pihaknya optimis langkah strategis TAP dan Bappeda menajamkan skema KPBU bisa menarik banyak peminat. Dia mengaku, untuk menggaet investor asing maka persiapan proyeknya harus kuat ditopang dokumen berstandar internasional dan best practice.

“Jadi Jabar akan mengikuti tren Indonesia, KPBU yang sudah berjalan dan berproses seperti Umbulan, Tuban, Lampung dan Nambo yang sudah mampu menarik peserta tender  internasional,” ujarnya.

Menurutnya setelah Simpul KPBU terbentuk maka selanjutnya bisa berproses dengan menggelar market sounding proyek-proyek unggulan dengan catatan persiapan dokumen sudah sangat kuat. “Kalau dilihat dari minat, Pak Gubernur sudah ketemu dengan banyak investor,” katanya.

(azs)

 

Loading...

loading...

Feeds

Bos Aquabike Kagumi Waduk Jatiluhur

RADARBANDUNG.ID, PURWAKARTA- Even internasional Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2 akan digelar di waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, 9 hingga …