Generasi Muda Sehat Itu Harus Waspadai Triad KRR

“Belum lagi akibat pergaulan bebas ini dan penggunaan napza dari jarum suntik, maka remaja juga rentan tertular HIV/AIDS,” tambahnya.

Guna mengatasi ini semua, dirinya juga menghimbau agar remaja aktif dalam Program Genre.

“Mari kita canangkan Program Genre, Generasi yang merencanakan masa depan yang lebih baik, generasi yang sehat, cerdas dan ceria,” terangnya

Sementara Kabid KSPK Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar,
Pintauli Siregar menyebut TRIAD KRR adalah 3 (tiga) resiko atau 3 masalah yang akan/sering dihadapi oleh kaum remaja. Apa saja kah 3 resiko itu? yang pertama yaitu:

1. NAPZA (Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif)

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan RI adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Semua istilah ini, baik “narkoba” ataupun “NAPZA”, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.Namun kini disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan sebagaimana tertuang dalam lampiran 1 undang-undang tersebut. Yang termasuk jenis narkotika adalah:

  • Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.
  • Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.

Loading...

loading...

Feeds

Google Hapus 85 Aplikasi di Play Store

Berdasarkan laporan peneliti di Trend Micro, Google menghapus 85 aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, aplikasi diketahui mengandung adware yang dapat …

Pembangunan Gedung Creative Center Dikawal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan gedung Creative Center di Tasikmalaya akan dikawal hingga terealisasi. Proyek yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa …

Edukasi Motor Melalui Harley Owners Group

BANDUNG – Harley Owners Group (HOG) Siliwangi memiliki kepengurusan baru periode periode kepengurusan 2019-2021. Pelantikan tersebut dilakukan kepada 45 pengurus …