Menteri BUMN dan Dirut Pertamina Tinjau Korban Terdampak Banjir Kabupaten Bandung

Menteri BUMN Rini M Soemarno, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Ibu-ibu pegiat Omaba memasak dan menyiapkan makanan anak di salah satu tenda pengungsi di Baleendah, Kabupaten Bandung yang merupakan daerah terdampak banjir luapan Sungai Citarum.

Menteri BUMN Rini M Soemarno, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Ibu-ibu pegiat Omaba memasak dan menyiapkan makanan anak di salah satu tenda pengungsi di Baleendah, Kabupaten Bandung yang merupakan daerah terdampak banjir luapan Sungai Citarum.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno bersama
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan sejumlah direksi BUMN hadir dilokasi pengungsian korban banjir, di Posko Badan Penanggulangan Bencanan Daerah di Gedung Inkinas, Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019).

Kehadiran Rini M Soemarno dan Nicke Widyawati bersama sejumlah direksi BUMN ingin melihat langsung kondisi terkini korban terdampak banjir Kabupaten Bandung.

Rini M Soemarno turut mengajak anak-anak pengungsi bernyanyi, hingga melihat pembuatan makanan bayi dan anak pengungsi oleh Ibu-ibu mitra binaan Pertamina pegiat Omaba dan Tagana Dinas Sosial, Kabupaten Bandung.

Unit Manager Communication dan Relations PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami menjelaskan, kunjungan Rini M Soemarno bersama Direksi BUMN di Kabupaten Bandung difokuskan pada pengungsian serta melihat kondisi banjir di beberapa titik terdampak di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

“Ini merupakan upaya untuk menemani korban banjir dan mendukung kebutuhan masyarakat. Tak hanya bantuan materi, Menteri dan rombongan juga memperhatikan kebutuhan moril warga,” jelas Dewi.

Seperti diketahui, tiga wilayah di Kabupaten Bandung yakni Kecamatan Bojongsoang, Baleendah dan Dayeuhkolot saat ini sedang terkena musibah banjir dampak banjir luapan Sungai Citarum. Daerah ini merupakan kawasan rawan banjir.

Pada kunjungan ini, kata Dewi, Pertamina Peduli memberi bantuan berupa bahan bakar untuk memasak di empat dapur umum yakni Bright Gas 12 kilogram sebanyak 15 tabung yang dapat diisi ulang. Serta, kebutuhan pengungsi lainnya, yakni sembako, alat mandi, obat-obatan, makanan siap saji, dan tikar. Selain itu, kebutuhan bayi seperti popok sekali pakai, susu, makanan bayi, dan mainan.

Dewi mengungkapkan, kesehatan bayi dan anak juga menjadi perhatian Pertamina Peduli. Salah satu programnya, yakni mendatangkan pegiat Ojek Makanan Bayi (OMABA) melalui ibu-ibu komunitas OMABA berkolaborasi dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial untuk memasak dan menyiapkan makanan bergizi bagi bayi dan anak.

“Dalam keadaan mengungsi, makanan bayi dan anak tetap harus penuh gizi. Karenanya, kami menunjukkan cara mengolah makanan bayi dan anak dengan bahan sederhana, seperti lauk sayur, nugget tempe dan ayam, serta mi hijau supaya gizi anak-anak tetap terjaga,” jelas Dewi.

Pengungsian Inkinas di Baleendah saat ini terisi oleh 95 kepala keluarga dengan jumlah sekitar 390 jiwa. Selain pengungsian Inkinas, terdapat beberapa titik pengungsi lain di kawasan terdampak banjir luapan Sungai Ciomas.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

bijb

Tiket Bus Cimahi-BIJB Masih Gratis

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Empat unit bus Damri yang melayani rute Kota Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi. …

Polri Wujudkan Kepedulian Lingkungan

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Perwira Sespimma Polri angkatan 62 melakukan bakti sosial bedah rumah. Kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu bentuk …
tmb

Bus TMB Akan Tambah Rute

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan menambah rute Trans Metro Bandung (TMB) yaitu Koridor 5, Antapani-Stasiun Hall. …
citatah

Citatah Siap Jadi Geopark Nasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan kawasan Citatah bisa menjadi Geopark Nasional pada 2020. Bahkan, menjadi salah …
bijb

Dua Maskapai Tinggalkan BIJB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ditinggalkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink karena sepi penumpang. Gubernur Jawa …
lintas

Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat 189 Persen

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Intensitas kecelakaan lalu lintas yang hampir setiap hari terjadi menyebabkan lebih banyak menelan korban daripada bencana alam …
kebakaran

Korban Kebakaran Minta Bantuan Pemkab

POJOKBANDUNG.com, CIPATAT – Bencana kebakaran yang menimpa sentra oleh-oleh Peyeum Bandung di Jalan Nasional Bandung-Cianjur, Kampung Tagogmunding RT05 RW08 Desa …
sungai

Dua Jam, Sampah Sungai di Daerah Subang Bersih

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Mengajak masyarakat peduli lingkungan, para pegiat lingkungan bersih-bersih sungai. Sasaran yang menjadi fokus kegiatan ini adalah sungai …