Kunjungan Capres Prabowo, Persis Tolak Terseret Politik Praktis

Sekretaris Umum PP Persis, Haris Muslim saat usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto di Kantor PP Persis Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, Jumat (8/3). Foto: Azzis Zulkhairil/Radar Bandung

Sekretaris Umum PP Persis, Haris Muslim saat usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto di Kantor PP Persis Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, Jumat (8/3). Foto: Azzis Zulkhairil/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) menganggap kunjungan Calon Presiden Prabowo Subianto hanya sebatas silaturahmi.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Umum PP Persis, Haris Muslim saat ditemui usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto di Kantor PP Persis Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, Jumat (8/3).

Prabowo Subianto kunjungi Kantor PP Persis Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, Jumat (8/3).

Haris mengatakan, bahwa pertemuanya dengan calon presiden nol dua tersebut tidak diartikan sebagai bentuk dukungan, lantaran hanya pertemuan mempererat tali persaudaraan.
“Tidak ada obrolan terkait politik praktis dalam pertemuan ini. Kedatangan Prabowo murni hanya sebatas silaturahmi saja dengan para petinggi PP Persis,” kata Haris.
Ia menjelskan, pihaknya pada tahun politik ini jelas berada di tengah-tengah alias netral, tidak hanya condong pada salah satu calon presiden tertentu. Dan tidak akan menerjunkan persis dalam politik praktis.
“Pak Prabowonya aja pas pertama datang udah bilang begitu, kami menghargai netralitas posisi Persis sebagai ormas Islam,” ungkapnya.
Lanjut Haris, selain netralitas, Prabowo pernah menyatakan bahwa tidak akan menarik Persis dalam pusaran politik praktis, mengingat Persis bukan sebagai partai politik.
“Pak Prabowo bilang, kami tidak ingin menarik-narik Persis ke dukungan secara pragmatis karena posisi Persis bukan sebagai Parpol,” tuturnya.
Dengan beberapa penyataan tersebut, diartikanya bahwa sikap politik PP Persis sebagai ormas Islam memang tidak bersikap secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2019.
Persis dikatakanya, netral dalam kelembagan dan tidak memihak secara lembaga ke salah satu pasangan calon presiden, baik kepada kubu nol satu dan kepada nol dua, pihaknya sangat menghormati seluruh keputusan petinggi Persis
“Memang kalau sikap politik itu begini, kami tidak ada sikap politik pragmatis. Misalkan Persis mendukung nomor 1 atau 2. Jadi tidak ada pernyataan seperti itu. Pada intinya kami PP Persis secara kelembagaan bersikap netral,” pungkasnya.

(azs)


Loading...

loading...

Feeds