Hari Raya Nyepi, Kiper Persib Menepi Saat Kontra Persebaya

I Made Wirawan (kanan) merayakan Hari Raya Nyepi dan absen saat Persib melawan Persebaya (Persib.co.id)

I Made Wirawan (kanan) merayakan Hari Raya Nyepi dan absen saat Persib melawan Persebaya (Persib.co.id)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Laga klasik Persebaya Surabaya kontra Persib Bandung, Kamis (7/3) sore nanti bertepatan dengan Hari Raya Nyepi. Untuk umat Hindu, mereka akan menyepi atau tidak melakukan aktivitas. Ritual ini juga berlaku bagi kiper Persib, I Made Wirawan.

Untuk mempengeringati Hari Raya Nyepi, kiper asli Gianyar, Bali itu harus absen sore nanti. Namun kali ini Made Wirawan tidak merayakan Nyepi di kampung halamannya.

“Saya tidak ikut ke stadion. Biasanya kalau di luar kota saya tidak bisa mengikuti tradisi secara lengkap. Hanya bisa jalani Nyepi di rumah saja,” ucap Made Wirawan.

Made menuturkan ada beberapa rangkaian kegiatan Nyepi di kampung halamannya. Seperti Melasti. Atau, kegiatan sembayang yang dilakukan di pantai. Kemudian dilanjutkan dengan Pengrupukan. Biasaya kegiatan ini ditandai dengan pawai ogoh-ogoh. Namun, tahun ini kiper 38 tahun itu harus absen dalam beberapa rangkaian acara.

Nyepi di luar kampung halaman sebetulnya juga pengalaman pertama bagi Made Wirawan. Namun meski tidak merayakan Nyepi dengan keluarga besar, dia tetap khusuk menjalankan Nyepi di Bandung.

Hari raya Nyepi ini untuk introspeksi diri. Agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi,” kata mantan kiper Persiba Balikpapan tersebut.

(jpc)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …