Relawan Rumker 01 Jabar Perangi Hoaks sampai Pelosok

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin KH. Maman Imanulhaq

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin KH. Maman Imanulhaq

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Meski berdasarkan survei tren kemenangan mulai terlihat, memasuki bulan Maret, Furqan AMC, Direktur Program Rumker 01 Jawa Barat tak mengendorkan upaya pihaknya untuk terus berkampanye di Jawa Barat.


Hal ini sejalan dengan keterangan Direktur Relawan TKN 01, Maman Immanulhaq yang disampaikan secara tertulis pada media, hari Minggu (3/3/2019) kemarin.

“Sepekan ini, kami akan ‘gempur’ Jawa Barat. Mulai Minggu di Dapil 9 Jawa Barat, Senin di Karawang dan terus ke semua kabupaten/kota di Jabar. Semua relawan harus terjun langsung ke bawah, ke rumah-rumah. Hanya dengan itu Jokowi bisa menang,” tulis Maman.

Di Jakarta, di antara kegiatan sosialisasi dan kampanye yang diadakan adalah pengiriman 20 orang relawan militan ke wilayah Pulau Seribu. Di Banten, antara lain menggelar kegiatan fogging, jalan sehat, munajat bersama, dan pelatihan saksi. Di Jawa Barat sendiri, titik berat kegiatan adalah mendatangi rumah warga di pelosok-pelosok kabupaten.

Berdasarkan keterangan dari Furqan AMC, upaya mengetuk pintu di Jawa Barat dilakukan untuk mewaspadai dan sekaligus menetralisir kabar bohong tentang paslon 01 yang diterima oleh warga dengan akses informasi yang kurang atau tak berimbang.

Para relawan bergerak ke pelosok kabupaten Cirebon, Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kabupaten Bandung, Subang, dan seterusnya.

“Kita bisa lihat ada bukti penyebaran kabar bohong untuk memfitnah petahana. Contoh yang terbaru ya video tiga emak-emak yang viral kemarin. Itu tentu wajib kita waspadai dan harus dinetralisir. Karena itu kita wajib mendatangi warga sampai ke pelosok-pelosok, jaga-jaga hal yang sama terjadi di banyak tempat,” kata Furqan.

Selanjutnya Furqan AMC yang juga aktivis 98 ini menjelaskan, upaya menetralisir hoax yang dilakukan pihaknya tak hanya sebatas memberi informasi yang benar, namun juga mendengarkan apa yang menjadi harapan warga bagi presiden terpilih nanti.

“Mungkin jika disuruh menyampaikan harapannya dalam forum-forum pertemuan resmi, banyak warga yang enggan atau takut bicara. Tapi jika kita bertanya langsung secara pribadi, menurut pengalaman kami, mereka jadi lebih mau terbuka,” jelas Furqan.

Furqan lantas menambahkan bahwa mendatangi, mendengar dan mencatat harapan-harapan rakyat secara langsung ini adalah bagian dari kampanye positif yang selalu ia lakukan bersama relawan lain. “Bapak Joko Widodo sendiri kan suka melakukannya,” tutup Furqan.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Nakes di Bandung Rasakan Efek Vaksin Covid-19

POJOKBANDUNG.com , BANDUNG – Tahap pertama pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Kota Bandung sudah dimulai, Kamis (14/1/2021). Sejumlah Puskesmas dan …