IMAS Gencar Sosialisasikan Taat Bayar Pajak Motor

POJOKBANDUNG.com – Ada banyak cara untuk menyosialisasikan program pemerintah agar berjalan lancar, salah satunya melalui komunitas yang tersebar di beberapa daerah di Kota Bandung. Ikatan Motor Antik Samsat (IMAS) Jawa Barat adalah komunitas yang fokus pada penyaluran informasi terkait pembayaran pajak kendaraan.


Terbentuk pada November 2018, IMAS mengemas sosialisasi dengan lebih menyenangkan dan menargetkan kepada masyarakat yang masih belum paham mengenai alur pembayaran pajak kendaraan, khususnya motor.

Bermula dari kegiatan sosialisasi pajak daerah yang dibuat oleh Dispenda Kota Bandung, karyawan Samsat akhirnya sepakat membuat perkumpulan yang mewadahi kegemarannya mengendarai sepeda motor tua atau antik. Jenis motor yang digunakan beragam dan rupanya menjadi daya tarik pengunjung acara.

“Terbentuknya sebenarnya gak sengaja, waktu itu ada kegiatan di hari Minggu yakni sosialisasi pajak daerah yang bikin Dispenda Kota Bandung. Kalau Minggu, jalanan kan macet jadi saya pakai motor tua, lalu rupanya teman-tema lain juga pakai motor antik. Ya sudahlah akhirnya kita sepakat bikin perkumpulan yang mewadahi teman-teman yang suka motor tua,” ujar Pupuhu IMAS, Iwan Dermawan, di Bandung, Selasa (5/3).

Motor yang digunakan Iwan merupakan keluaran tahun 1973, bergaya klasik dan tentunya antik.

Sampai akhirnya komunitas ini berkembang dan semakin banyak karyawan yang bergabung. Ada banyak jenis motor yang terkumpul disini, mulai dari motor bebek, sport, dan vespa.

Tapi Iwan mengatakan siapapun bisa bergabung dengan komunitas ini, tidak terpatok dengan usia motor. “Saya ingin yang muda saja penghobi, antik tidak harus selalu motor tua, tetapi motor tua sudah pasti antik,” jelasnya.

Motor baru yang sudah dimodifikasi layaknya retro pun sudah termasuk pada golongan antik.

Jumlah anggota yang mencapai puluhan dikatakan Iwan membuat mereka semakin bersemangat untuk terus menyosialisasikan tugas utamanya yakni pembayaran pajak kendaraan.

Dirasa lebih mudah ketika menggunakan komunitas sebagai alat penyebar informasi, Iwan menuturkan masyarakat lebih mau mendengarkan dibandingkan saat mengenakan seragam.

“Kami ingin menyukseskan tugas pokok sebagai karyawan Samsat melalui komunitas. Jadi sosialisasinya out of the box dan tidak monoton,” paparnya.

Kegiatan touring juga dipakai mereka sebagai bentuk sosialisasi. Mengunjungi daerah-daerah di Jabar, IMAS terus menyebarkan informasi mengenai pentingnya bayar pajak kendaraan.

Iwan berharap melalui acara seperti ini masyarakat bisa lebih aware dan sadar tentang pajak yang menjadi salah satu pendapaan daerah.

“Harapannya mudah-mudahan bisa tercapai, eksis dan bisa mewadahi komunitas motor antik dan sama-sama menyukseskan program pemerintah dengan cara yang tidak begitu kaku,” tandasnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds