Hadapi Bonus Demografi, 8 Fungsi Keluarga Harus Dijalankan Optimal

POJOKBANDUNG.com, MAJALAYA – Bonus demografi yang sedang disongsong bangsa Indonesia harus disambut dengan kualitas pembangunan sumber daya manusia yang baik. Hal tersebut harus dipersiapkan dan direncanakan mulai dari keluarga sendiri.


Salah satunya dengan mengoptimalkan 8 fungsi keluarga, sebagai modal ketahanan keluarga. Delapan fungsi itu yakni Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta dan Kasih Sayang,
Fungsi Perlindungan, Fungsi  Reproduksi, Fungsi Sosialisasi atau Pendidikan, Fungsi Ekonomi dan Fungsi Lingkungan dalam Keluarga.

Demikian disampaikan Ketua Komisi IX DPR-RI H. Dede Yusuf M. E., ST., M.I.Pol pada Sosialisasi Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Lapangan RT 02 RW 03 Desa Padaulun Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Sabtu (2/3/2019).

“Bonus demografi hanya bisa diraih, jika jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan jumlah usia non-produktif. Sehingga beban ketergantungan menjadi sangat rendah,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, saat ini juga tengah dihadapkan pada tantangan jumlah balita stunting yang tidak sedikit, terutama di Jawa Barat. Hal ini harus menjadi pekerjaan rumah kita bersama.

“Legislatif, eksekutif dan masyarakat harus berkolabolasi aktif untuk memerangi stunting, sekaligus mencegah agar tidak ada kasus baru lagi,” tandasnya.

Menurut dia, melalui pengasuhan yang optimal pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan
pemenuhan gizi yang baik pada ibu hamil, bisa mencegah terjadinya stunting.

Hadir dalam acara terabut  Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Teguh Santoso

Selain materi Program KKBPK, pada kesempatan yang sama juga diberikan bantuan seperangkat wireless sound system untuk kebutuhan KIE Program KKBPK di Kampung KB.

Bantuan diserahkan secara langsung kepada Kepala UPT DP2KBP3A Kec. Majalaya. Kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan pencak silat cilik, serta pembagian berbagai doorprize oleh narasumber.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …