Perhutani dan Unpad Jalin Kerjasama Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perum Perhutani dan Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan  penandatanganan Nota Kesepahaman  di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (1/3/2019). Kerjasama tersebut berisi tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.


Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad tersebut diwakili Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., dengan Dirut Perum Perhutani Denaldy M. Mauna.

Sebelum melakukan nota kesepahaman, Denaldy di hadapan sivitas akademika Universitas Padjadjaran memberikan kuliah umum bertema “Seri Kuliah Umum Dirut BUMN”.

Denaldy mengatakan, restrukturisasi dan transformasi suatu badan usaha sangat penting karena bertujuan agar perusahaan atau badan usaha yang dikelola dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Restrukturisasi dilakukan terutama jika perusahaan berada pada kondisi kritis. Denaldy mengatakan, jika sektor penjualan, pendapatan dan laba perusahaan terus menerus mengalami penurunan, hal ini merupakan tanda perusahaan mengalami kebangkrutan.

“Ada beberapa strategi efektif untuk mempertahankan badan usaha. Analisis situasi, perubahan manajemen, hingga melakukan tindakan darurat (emergency action). Selain itu, perusahaan mesti punya target untuk mengatasi ketertinggalan,” tandasnya di hadapan mahasiswa.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional Perum Perhutani Jabar – Banten Oman Suherman mengatakan, kedepannya nota kesepahaman ini akan dilakukan beberapa tahap. Untuk tahap pertama yakni melakukan penelitian pengembangan tanaman stevia dibawah tegakan pohon  pinus dan kopi.

“Tanaman stevia ini kan merupakan tanaman obat-obatan untuk diabetes. Jadi akan sangat berguna jika tanaman tersebut dikembangkan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk tahap kedua, lanjut Oman, mengajak para ahli terutama ahli biopori mengembangkan penelitiannya di lahan 1 hektare.

“Kalau rencana itu berhasil, tentunya ada nilai bisnisnya karena ada manfaat ekonomi yang bisa kita jual,” ujarnya seraya menambahkan akan banyak tahap-tahap selanjutnya yang akan kita kembangkan.

(apt/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Nyabu, Vokalis Band Kapten Diringkus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung mengamankan seorang pria berinisial AZ. AZ diciduk dari kamar kostnya yang berada …

Update Gempa Mamuju Sulbar: 34 Meninggal

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Korban akibat gempa Sulawesi Barat bertambah. Sampai dengan Jumat (15/1/20210) pukul 14.00 WIB, jumlah korban meninggal menjadi …