Beasiswa Melalui OSC, Tahun Ini Ditarget 700 Ribu Siswa

Penggagas Online Scholarship Competion (OSC), Mirdal Akib

Penggagas Online Scholarship Competion (OSC), Mirdal Akib

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Tahun ini, penggagas Online Scholarship Competion (OSC), Mirdal Akib memasang target bisa menambah jumlah penerima beasiswa. Kesempatan ini berlaku untuk semua masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi.

Untuk diketahui, OSC adalah program beasiswa yang sudah berjalan selama lima tahun. Masyarakat bisa mengikuti program ini dengan tes secara online. Sejauh ini, sudah ada 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah bekerjasama.

“Perguruan tingginya tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kalau di Bandung, kami bekerjasama dengan Telkom University, Universitas Parahyangan dan Universitas Maranata,” katanya saat ditemui di kawasan Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (1/3/2019).

Tahun 2018, ada sekitar 350 lulusan SMA sederajat yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Adapun pendaftar yang mengikuti tes mencapai 50 ribu orang.

Setiap tahunnya, pihaknya menganggarkan rata-rata Rp 30 miliar untuk membiayai semua penerima beasiswa dengan syarat bisa lulus selama empat tahun atau delapan semester.

Banyak dari peserta beasiswa yang lolos berasal dari keluarga tidak mampu. Fakta itu, kata Mirdal, sekaligus menjawab masalah rendahnya pelajar lulusan SMA di Indonesia yang meneruskan ke perguruan tinggi.

Dari data yang didapatkannya, setiap tahun, lulusan SD mencapai 25 juta dan yang meneruskan ke SMP hanya 10 juta dan yang meneruskan ke SMA hanya 5 juta. Dari jumlah itu, yang bisa mengakses pendidikan hingga perguruan tinggi hanya sekitar 400 ribu orang.

“Saya dan kami merasa terpanggil untuk membantu para pemuda di seluruh Indonesia untuk meneruskan ke perguruan tinggi sehingga pendidikan tinggi bisa merata. Kami berkomitmen membangun manusia lebih baik lewat pendidikan,” ujar dia.

“Dengan kondisi itu‎, kami termotivasi untuk meningkatkan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sehingga akses terhadap universitas jadi merata,” lanjutnya.

Tahun ini, kata Mirdal, pihaknya menargetkan ‎pelajar lulusan SMA mendapat beasiswa lebih banyak dibanding tahun lalu. Selain anggaran yang ditambah, ia pun punya target dalam menambah kerjasama perguruan tinggi swasta.

“Kami targetkan bisa mencapai 700 ribu penerima beasiswa tahun ini. Estimasi anggarannya Rp 75 miliar. Mudah-mudahan tahun ini juga bisa bekerjasama dengan 25 perguruan tinggi swasta,” ujar pria berlatar belakang auditor itu.

(azs)

loading...

Feeds

negara

Mahasiswa 14 Negara Belajar ke Cireundeu

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kampung Adat Cireunde kedatangan tamu mancanegara. Para tamu tersebut merupakan peserta Summercourse , Sociopreuner dan Cultural workshop …