Gempita: Ratusan Ribu Milenial Nganggur Akibat Keluarga Cendana Kuasai Jutaan Hektar Lahan di Jabar

Koordinator kampanye Gerakan Pemuda Tani Indonesia, Gempita wilayah Jawa Barat Budi Junto

Koordinator kampanye Gerakan Pemuda Tani Indonesia, Gempita wilayah Jawa Barat Budi Junto

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG   – Koordinator kampanye Gerakan Pemuda Tani Indonesia, Gempita wilayah Jawa Barat menyatakan kepemilikan lahan ratusan ribu hektare bukan hanya oleh calon presiden Prabowo Subianto yang merupakan mantan menantu rezim orba, ketimpangan makin menganga sebab nyatanya keluarga cendana juga menguasai jutaan hektar lahan di Jawa Barat.

“Prabowo bersama keluarga orba, mereka menjadi segelintir orang yang menguasai lahan jutaan hektar, bukti ketimpangan penguasaan lahan di Jawa Barat jika dibandingkan dengan jutaan rakyat yang bekerja di sektor pertanian yang tidak memiliki tanah atau buruh tani di jawa barat,” kata Budi Junto saat saat berkunjung ke Posko Sahabat Rakyat Indonesia, didBandung, Selasa (19/2/2019).

Budi mengungkapkan, Keluarga cendana sebagai oligarki rezim orba ini mewarisi jutaan lahan di Jawa Barat, saat ini kepemilikan lahan di Jawa Barat lebih banyak dikuasai keluarga rezim orba daripada rakyat kecil. Padahal kepemilikan lahan bagi rakyat kecil sangat fundamental menyokong ekonomi dan penghidupan mereka,” ujarnya.

Dia menyebutkan, penguasaan lahan oleh keluarga cendana di Jawa Barat tersebar, di Kabupaten Karawang Tanah seluas 2.789.951 M2 milik Tommy Soeharto, Tanah seluas 53 ribu hektar atas nama PT Citra Bumi Indah Persada pimpinan Siti Hardiyanti Rukmana, Kabupaten Garut

“Tanah seluas 7.750 hektar milik PT Condong Garut, Indra Rukmana, lalu 124 ribu M2 milik Ratnawati Hardjojudanto (istri Sigit Hardjojudanto, di kabupaten Bogor 2.247 hektar dimiliki keluarga rezim Orba,” rinci Budi

“Keluarga rezim orba adalah salah satu oligarki pemain bisnis penggunaan lahan di Jawa Barat. Nah, Prabowo bersama keluarga cendana dan korporasi yang menguasai lahan jutaan hektar ini ketar-ketir menghadapi kebijakan Joko Widodo yang membagikan lahan negara kepada rakyat untuk dijadikan penopang ekonomi,” imbuh Budi.

Budi mejelaskan, program reforma agraria dan redistribusi aset oleh Joko Widodo merupakan kebijakan koreksi atas kekejaman Orde Baru, dimana tanah yang dikuasai negara dipinjamkan dalam bentuk HGU agar rakyat bisa mengoptimalkannya, jadi tanah negara tidak berkurang sejengkal pun sebab hanya dipinjamkan ke rakyat,” jelas Budi.

Tokoh Tani Milenial Jawa Barat ini menyayangkan, bagamana tidak, melalui gerakan gempita puluhan ribu milenial Jawa Barat ingin kembali bertani, namun dalam proses penawaran kerja sama pemanfaatan lahan telantar jutaan hektar yang dimiliki tidak pernah diladeni oleh penguasa lahan.

“Oligarki ini lebih memilih menelantarkan jutaan lahan. Nyaris hampir setiap saat memicu konflik, sebab sedikitpun tidak memberikan sepetak lahan bagi rakyat khususnya milenial Jawa Barat untuk bercocok tanam”.

Pada debat capres itu, capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Prabowo memiliki lahan yang luas sebesar 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

“Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya,” ujar Jokowi.

(azs)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …