Tingkatkan Pendapatan, Fintech TOKOMODAL Bantu 2.600 Usaha Kelontong di Jawa Barat

Chris Antonius, Co-Founder Tokomodal (kanan) dan Banu Rofita, Small & Micro Business (SMB) System Development Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (Kiri) saat berbincang dengan pemilik usaha kelontong.

Chris Antonius, Co-Founder Tokomodal (kanan) dan Banu Rofita, Small & Micro Business (SMB) System Development Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (Kiri) saat berbincang dengan pemilik usaha kelontong.

POJOKBANDUNG.com – Financial Technology (Fintech) PT Toko Modal Mitra Usaha (TOKOMODAL) perusahaan Peer-to-Peer Lending membantu usaha toko kelontong binaan Alfamikro atau yang disebut Outlet Binaan Alfa (OBA) dalam mengembangkan usahanya.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2018, sampai dengan Januari 2019 sudah lebih dari 8.300 OBA yang tersebar di lebih dari 50 kota (22 provinsi) telah memanfaatkan aplikasi ini. 2.600 diantaranya merupakan OBA yang berada di provinsi Jawa Barat.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kemampuan belanja OBA-pun meningkat, yang secara langsung berpengaruh pada peningkatan pendapatan mereka. Seperti halnya salah satu toko kelontong milik Lusy Hadisyah yang berlokasi di Komplek Griya Banding Asri, Kota Bandung.

Sebelum memanfaatkan fintech TOKOMODAL dirinya belanja seminggu 1x dengan nilai Rp 200 ribu-300 ribu tiap kali transaksi. Setelah menggunakan aplikasi TOKOMODAL dirinya mengaku mampu menaikkan jumlah dan nilai transaksi menjadi seminggu 3 kali dengan nilai tiap transaksi sampai dengan Rp 1juta.

Co-Founder fintech TOKOMODAL Chris Antonius mengatakan, TOKOMODAL didirikan bertujuan untuk membangkitkan dan meningkatkan daya saing usaha mikro dengan pinjaman yang mudah dan aman.

“Kami ingin membantu OBA untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dan stok yang banyak juga,” ujarnya.

Saat ini banyak OBA yang sulit mengembangkan usahanya karena modalnya terbatas. Kehadiran fintech TOKOMODAL ini untuk membantu masalah tersebut. OBA bisa menggunakan fasilitas fintech Tokomodal untuk dapatkan pendanaan yg mudah, cepat dan aman.

Fintech TOKOMODAL menargetkan tahun ini bisa meningkatkan jumlah pembiayaan kepada usaha kecil. Salah satu caranya dengan memberikan bunga 0%.

Menurut Chris, bunga yang diberikan juga sangat ringan. Selama 7 hari bunganya masih 0 % (selama masa promosi). Saat ini, rata-rata OBA yang menggunakan fasilitas pembiayaan fintech TOKOMODAL bisa mengembalikan pinjamannya tidak sampai 7 hari. Bahkan ada yang bisa mengembalikan dalam 2 hari. OBA yang ingin membayar juga cukup mudah, tinggal datang ke Alfamart atau dititipkan ke Member Relation Officer (MRO) Alfamikro.

Sementara itu, Muhamad Aidil Fathany, Direktur Utama fintech TOKOMODAL, mengatakan, program ini sangat mempermudah pemilik warung yang ingin memiliki pinjaman modal untuk pengembangan usaha. Sebelum ini proses transaksi di Alfamikro bersifat Cash on Delivery (COD). Tapi sekarang pemilik warung tinggal pilih barang di aplikasi, lalu memilih pembayaran melalui TOKOMODAL, dan selanjutnya barang dikirim tanpa ongkos kirim dengan estimasi same-day service.

Melalui proses yang bisa dilakukan langsung melalui online, fintech TOKOMODAL memiliki akses yang lebih cepat. OBA tidak perlu menunggu lamanya proses pengajuan secara konvensional. Pengisian aplikasi dilakukan sepenuhnya melalui online dengan desain teknologi yang sangat memahami perilaku para penggunanya. Dengan teknologi big data, penggunaan algoritma, dan proses online, keputusan kredit bisa diambil dalam rentang waktu sangat cepat.

Tingginya animo dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap fintech TOKOMODAL, terbukti sejak Agustus 2018 sampai dengan Januari 2019 jumlah pembiayaan yang sudah disalurkan oleh perusahaan telah lebih dari Rp 134 miliar. Untuk wilayah Jawa Barat sendiri telah tersalurkan lebih dari Rp 52 miliar.

Untuk nilai kredit macetnya (Non Performing Loan/NPL) sampai saat ini 0%. Sebab OBA yang bergabung dengan fintech TOKOMODAL merupakan binaan Alfamikro, yang track record-nya terjamin.

(apt)

loading...

Feeds

finance

PT. WOM Finance Salurkan CSR ke 21 Masjid

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) Finance memberikan bantuan sarana ibadah kepada 21 mesjid di Indonesia. Pemberian bantuan …

58 Tahun Bjb, Tandamata untuk Negeri

Menginjak usia yang ke 58 tahun, bank bjb bertekad terus bersinergi, berinovasi untuk melahirkan layanan terbaiknya bagi masyarakat Indonesia. 

Gerakan People Power Tak Natural

Bandung – Sejumlah tokoh agama dan alim Ulama di Bandung Raya menilai pengerahan masa atau People Power adalah mekanisme yang …

Amin Rais Cederai Nilai-nilai Demokrasi

Gerakan People Power yang di gembor-gemborkan elit politik dan beberapa tokoh di Jakarta, dinilai Dekan FISIP Universitas Pasundan Bandung, M.Budiana …