Kredensialiang, Wujud Nyata Menjaga Kualitas Layanan Peserta JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sebagai penyedia obat bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya bagi penderita penyakit kronis, maka setiap apotek wajib melalui proses kredensialing ataupun rekredensialing. Kredensialing dilakukan kepada apotek yang baru akan menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Agar kepuasan dan kenyamanan peserta JKN-KIS terjaga, mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui mitra kerja BPJS Kesehatan harus dipastikan melewati proses seleksi dan penilaian secara komprehensif.


“Proses kredensialing ini dilakukan ketika ada apotek yang mengajukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk melihat kembali sumber daya manusia dan fasilitas penunjang di apotek tersebut. Selain itu juga untuk memastikan komitmen penyediaan obat rujuk balik bagi peserta yang menderita penyakit kronis sebelum kita melakukan perjanjian kerjasama. Semua ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga serta meningkatkan mutu serta kepuasan peserta,” tutur Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Devi Afni, ketika melakukan kredensialing ke Apotek Kimia Farma Lembang, Rabu (14/02/2019).

Proses kredensialing ini disambut baik oleh Apoteker Penanggung Jawab Apotek Kimia Farma Lembang, Ratna Ayu Suminar, Apt, saat ditemui di sela-sela proses kredensialing. Menurut Ratna proses kredensialing memang perlu dilakukan karena penting untuk melihat kesiapan Apotek tersebut dalam berbagai aspek.

“Jadi menurut saya penting dilakukan proses kredensialing ini untuk memastikan bahwa apotek ini memang layak untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kami berkomitmen akan berusaha menyediakan obat kronis sesuai kebutuhan peserta JKN-KIS. Kami juga berharap Apotek Kimia Farma bisa menjadi solusi masih kurangnya apotek pengampu obat kronis mitra BPJS Kesehatan di wilayah Lembang,” jelas Ratna.

Ratna juga menambahkan bahwa apotek Kimia Farma Lembang siap berkomitmen untuk mendukung program JKN-KIS agar program ini semakin lancar dan juga bisa meningkatkan kualitas layanan kepada peserta. Pihaknya juga akan selalu memastikan ketersedian obat kronis agar masyarakat tidak memiliki kendala dalam memperolah obat penyakit kronis di apotek.

“Tentunya kami sangat mendukung program JKN-KIS ini. Semoga dengan adanya kredensialing ini, dapat berlanjut ke tahap kerjasama sehingga pelayanan kepada peserta lebih lancar dan masyarakat bisa mendapatkan yang terbaik,” ujar Ratna.

Apotek Kimia Farma, yang merupakan salah satu apotek terbesar di Indonesia yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan obat-obatan penyakit kronis yang dibutuhkan peserta JKN-KIS. Dalam hal pelayanan kepada peserta JKN-KIS di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cimahi peserta bisa melakukan pengambilan obat penyakitkronis di beberapa apotek yang telah bekerjasama.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …