Operasi Jantung Ditanggung, JKN-KIS Selamatkan Nyawa Saya

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Serangan jantung bisa datang kapan saja ketika ada penyempitan atau tersumbatnya arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung. Agar tidak sampai membahayakan nyawa, tindakan yang sering dilakukan yaitu memasang ring (stent) untuk kembali melancarkan aliran darah ke bagian jantung. Namun biaya pemasangan ring tidaklah murah, biayanya bisa mencapai ratusan juta rupiah.


Namun di era Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) seperti sekarang ini, mahalnya biaya pemasangan ring jantung tidak lagi menjadi kendala. Dengan prinsip gotong royong yang dijalankan program ini, pasien penyakit jantung kini bisa mendapatkan pengobatan yang lebih komprehensif untuk kesembuhan penyakitnya.

“Sakit itu bisa datang kapan saja dan terjadi pada siapa saja, termasuk kepada kita. Saya bersyukur telah terdaftar ke dalam program JKN-KIS dan lega karena ternyata semua pengobatan dijamin program JKN-KIS. Saya jadi tenang karena tidak harus memikirkan terkait biaya lagi. Awalnya saya takut jika harus dirawat dan mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit, darimana  biayanya? Pasang ring jantung kan sangat mahal,” tutur Heriansyah (53) warga Kabupaten Bandung Barat.

Pria yang akrab disapa Heri tersebut adalah peserta Program JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dengan hak perawatan kelas 2. Heri merupakan karyawan di salah satu badan usaha di wilayah Bandung Barat. Heri mengaku telah terdaftar menjadi Peserta JKN-KIS sejak awal program ini diluncurkan tahun 2014 silam. Namun ia mengaku baru kali ini mengalami sakit yang cukup berat dan merasakan betul manfaat JKN.

“Awal mulanya saya berobat ke Faskes 1 atas saran istri karena saya sering berkeringat dingin serta merasa sesak di dada. Sebelumnya saya sempat berobat tradisional dan saat itu belum ada indikasi sakit jantung. Sungguh di luar dugaan, setelah berlanjut dengan pemeriksaan di Rumah Sakit dan dilaksanakan tes EKG, ternyata ada penyumbatan di jantung saya hingga akhirnya saya langsung dirujuk ke Rumah Sakit di Kota Bandung untuk dilakukan operasi pemasangan ring jantung,” kenang Heri.

Ring jantung atau cardiac stent adalah sebuah alat berukuran kecil yang dimasukkan ke pembuluh darah koroner jantung di bagian yang tersumbat. Sumbatan tersebut pada umumnya disebabkan oleh terbentuknya lapisan yang berasal dari tumpukan lemak atau kolesterol. Dengan dipasang ring, maka pembuluh darah yang tertutup akibat lapisan tersebut bisa kembali terbuka sehingga aliran darah bisa kembali lancar dan mencegah terjadinya serangan jantung.

Heri mengungkapkan bahwa meskipun tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk berobat karena seluruhnya dijamin oleh BPJS Kesehatan, namun pelayanan yang diterima oleh dirinya sangat bagus. Mulai dari fasilitas kesehatan yang memadai dan nyaman hingga pelayanan dari perawat dan dokter yang sangat bagus.

“Baik dokter maupun suster yang melayani saya semuanya baik. Tidak dibedakan dengan pasien umum yang bayar sendiri. Saya jadi merasa nyaman saat menjalani seluruh tindakan pengobatan,” tuturnya. Program JKN-KIS telah membantu membuat saya kembali sehat. Pelayanannya pun bagus. Kalaupun harus menunggu antrian menurut saya itu wajar saja, namanya juga area pelayanan publik. Terkadang saya heran jika masih ada peserta JKN-KIS yang meremehkan program ini dan mengganggap prosesnya ribet. Padahal tidak ada yang ribet jika kita bisa bersabar dan sesuai prosedur pasti akan terlayani dengan baik seperti yang sudah saya alami sendiri,” ungkap Heri yang bercerita dengan penuh semangat

Heri berharap agar Program JKN-KIS bisa terus ditingkatkan sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan memuaskan. Ia pun mengajak agar semua masyarakat yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS agar memiliki jaminan perlindungan kesehatan, sehingga aman dan nyaman dalam berobat.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …