Wow…PD BPR Tarik Kredit Macet Rp 5 Miliar

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dari Rp 24 miliar kredit macet di PD BPR, baru bisa diselesaikan sebanyak Rp 5 miliar.


“‎Meski pun besarannya tidak terlalu besar, namun kemampuan PD BPR cukup signifikan untuk menarik kredit yang macet tersebut,” ujar Walikota Bandung, Oded M.Danial kepada wartawan.

Karenanya, Oded Yakin, kinerja  PD BPR akan sema‎kin meningkat. “Dengan arahan yang baik, maka seperti kredit macet pun bisa diatasi. Contohnya kredit macet itu Rp24 miliar, kita baru mengambil Rp5 miliar, jadi sisanya Rp19 miliar,” tambah Oded.

Menurut Oded, jumal Rp24 miliar itu dalam bentuk agunan, sekarang sudah ada agunan yang dilelang. Oded sendiri yakin, untuk mendapatkan sisa agunan tersebut tidak akan terlalu sulit, karena hanya tinggal melelang aset. “Tahun ini, setidaknya bisa terselesaikan Rp 9 miliar,” tegasnya.

‎‎Kedepan, Oded menyarankan PD BPR fokus terhadap wilayah internal seperti perusahaan daerah yang dimiliki Oleh Bandung (PD Pasar, PD Kebersihan dan PDAM Tirtawening), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat. Hal tersebut penting untuk meningkatkan pendapatan PD BPR.

“Sekarang punya target mau bikin kerja sama dengan beberapa pihak internal, ASN, Perusahan Daerah dan termasuk masyarakat. Itu harus hadirkan kualitas PD BPR dengan kepercayaan dan keyakinan yang kuat untuk mengelola lebih baik,” harapnya.

Oded juga meminta PD BPR fokus memberikan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pasar di Kota Bandung.

“Kita berdayakan para pelaku UMKM, sehingga untuk meminjam itu tidak perlu susah, cukup ke PD BPR saja. Selain itu juga kita memiliki 27 pasar, itu salah satu potensi yang besar untuk PD BPR asalkan pengelolaan yang tepat,” tegas Oded.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama (Dirut) PD PBPR Kota Bandung, Didi Sunardi mengatakan, debitur PD BPR berasal dari berbagai kalangan masyarakat.
“Termasuk yang mengalami kredit macet, debiturnya dari kalangan masyarakat umum,” kata Didi.

Disinggung kebutuhan masyarakat yang mengambil kredit di PD BPR, Didi mengatakan untuk kepentingan yang beragam, baik untuk investasi, dan untuk modal kerja.

“Karenanya, kita akan berusaha agar target yang diberikan walikota, bisa tercapai,” pungkasnya.

(mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Nyabu, Vokalis Band Kapten Diringkus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung mengamankan seorang pria berinisial AZ. AZ diciduk dari kamar kostnya yang berada …

Update Gempa Mamuju Sulbar: 34 Meninggal

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Korban akibat gempa Sulawesi Barat bertambah. Sampai dengan Jumat (15/1/20210) pukul 14.00 WIB, jumlah korban meninggal menjadi …