Tumpukan Sampah di Sejumlah Titik Kota Cimahi Mulai Menggunung

MENUMPUK : Petugas kebersihan membereskan tumpukan sampah untuk diangkut ke TPAS Sarimukti Kabupaten Bandung Barat. ( foto : WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

MENUMPUK : Petugas kebersihan membereskan tumpukan sampah untuk diangkut ke TPAS Sarimukti Kabupaten Bandung Barat. ( foto : WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Empat unit truk pengangkut sampah yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi rusak. Akibatnya, tumpukan sampah pun menggunung di sejumlah titik.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny mengungkapkan, ada duatruk pengangkut sampah yang kondisinya rusak karena usianya yang sudah tua. Sehingga tak kuat mengangkat beban. Sementara dua truk lainnya, mengalami kerusakan di bagian hidrolik, akibat terpeleset saat mengangkut sampah di TPAS Sarimukti Kabupaten Bandung Barat.

“Untuk sementara armada yang ada akan diperbaiki dulu, karena kalau menambah yang baru, belum ada anggarannya,” kata Ronny saat ditemui di Pemkot Cimahi, Kamis (7/2/2019).

Kerusakan armada pengangkut sampah itu otomatis berdampak pada pengangkutan sampah dari Kota Cimahi ke TPAS Sarimukti. Saat ini, untuk mengangkut sampah, DLH  mengandalkan 31 unit truk. Dampak lain yang dirasakan yakni, ritase angkutan pun perlu ditambahmenjadi 50 rit perhari. Sehingga harus ada armada yang beroperasi hingga malam hari.

“Dengan adanya penambahan jam kerja itu, berpengaruh pada penambahan biaya operasional pengangkutan, untuk membayar upah sopir dan kondektur serta pembelian BBM,” ujarnya.

Dari pantauan dilapangan, beberapa tempat yang dipenuhi sampah diantaranya Pasar Atas Barokah, Pasar Citeureup, Pasar Baros, dan di pinggir Jalan Mahar Martanegara. Akibatnya, bau tak sedap menyeruak dari tumpukan sampah tersebut.

Selama ini, secara keseluruhan volume sampah yang dihasilkan warga Kota Cimahi mencapai 300 ton setiap harinya. Sedangkan yang bisa terangkut ke TPAS Sarimukti perharinya hanya sekitar 200 ton.

“Artinya, ada sekitar 100 ton yang belum terangkut, jadi diakumulasikan setiap hari. Pengangkutannya berkala. Target tahun sekarang pelayanan sampah itu sudah terangkut 90 persen,” tandasnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

SOR

Dispora: Nilai Kerugian Belum Dihitung

pojoksatu.com,BANDUNG – Atap Stadion Sepakbola di Sarana Olah Raga (SOR) Arcamanik, Kota Bandung mengalami kerusakan di bagian tribun timur. Atap …
sungai

Sungai di Subang Mulai Alami Kerusakan

pojoksatu.com,SUBANG – Dampak kerusakan alam yang diakibatkan penambangan pasir dan limbah industri mulai terasa. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan dampak buruu …
kampung

Kampung Jabong Bau Kotoran Sapi

pojoksatu.com,SUBANG – Warga di Desa Curugrendeng  Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang mengeluhkan bau tak sedap yang menyengat dari keberadaan peternakan sapi …