Duh…Oknum Security PT APJ Diduga Bobol Kios Pasar Andir

POJOKBANDUNG.com,  BANDUNG – Sengketa antara PD Pasar Bermartabat Kota Bandung dengan eks pengelola Pasar Andir, PT Aman Prima Jaya (APJ) memulai babak baru. PD Pasar menduga, oknum petugas keamanan.

PT APJ melakukan pencurian ke sejumlah kios di Pasar Andir pada Sabtu (2/2/2019).

Dugaan itu diungkapkan Kuasa Hukum PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Achmad Rivai. Menurutnya, aksi pencurian itu diduga dilakukan oknum petugas keamanan dari kelompok yang disewa PT APJ.

“Saat ini memang terdapat dua kelompok petugas keamanan di Pasar Andir,” ucap Rivai, Jumat (8/2/2019).

Rivai menjelaskan, hingga saat ini PT APJ masih menempatkan personel petugas keamanan karena merasa sengketa alih kelola Pasar Andir dari PT APJ ke PD Pasar masih berproses di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) Bandung.

“Ada 20 orang petugas keamanan. Pasar yang seharusnya dijaga, oknum security malah melakukan pencurian. Para pedagang telah memegang bukti CCTV para pelaku dan sudah melaporkannya ke Polisi,” paparnya.

Selain 20 petugas kemananan dari PT APJ, PD Pasar juga menyediakan 29 petugas keamanan untuk Pasar Andir. Wilayah operasi petugas keamanan PD Pasar difungsikan untuk pelayanan kemananan sekitar pasar. Sebab, kunci akses menuju ke dalam gedung dan pusat pertokoan dan kios masih dikuasai petugas keamanan dari PT APJ.

“Kita jaga di luar gedung, karena mereka memegang kunci. Mereka menguasai gedung terutama menutup dan membuka gedung,” ujar Rivai.

Kasus pencurian itu terjadi pada Sabtu (2/2). Tiga toko di Pasar Andir Kemalingan. Toko Star Lee Jeans mengalami kerugian Rp1.2 juta. Toko Bulvaro merugi Rp3.1 juta. Kemduian Toko Blink juga merugi Rp1.5 juta. Hingga saat ini kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

“Kasus ini sedang tahap penyelidikan oleh Kepolisian,” jelas Rivai.

Atas desakan pedagang, kata Rivai, PD Pasar berencana melakukan pengambilalihan gedung sebagai aset negara dengan mengganti kunci akses gedung, kunci genset, panel listrik, serta sumber air.

“Selama ini kami kesulitan akses menuju objek vital karena masih dikuasai pengelola lama, PT APJ. Padahal, banyak pelayanan bagi 2.300 pedagang apalagi keamanan,” paparnya.

Seperti diketahui, alih kelola Pasar Andir masih menjalani proses sengketa di BANI Bandung. Sengketa ini berkenaan dengan telah berakhirnya Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai kerja sama pengelolaan, penataan, pemasaran dan penjualan aset pasar andir yang telah berakhir pada 28 September 2016.

Akan tetapi, PT APJ tidak bersedia melepaskan aset negara itu sehingga masih menempatkan tenaga pengamanan di Pasar Andir.

“Mereka menganggap aset itu masih milik mereka,” jelas Rivai.

Rivai menambahkan, ketika selesai kerja sama pengelolaan, PT APJ seharusnya mengikuti langkah yang dilakukan PT Atanaka Persada Permai (APP) di Pasar Baru. Saat kontrak pengelolaan selesai pada 29 Desember 2018, PT APP menyerahkan dengan iktikad baik.

Di dalam setiap kontrak pengelolaan tertuang pengembalian aset dalam kondisi fungsi dan layak pakai. Upaya perbaikan di dalamnya juga terkandung sebagai komitmen kerja sama.

“Bahkan, meskipun kontrak sudah selesai, PT APP memperbaiki seluruh kerusakan-kerusakan yang terjadi di Pasar Baru. Karena pasar memang aset negara yang harus dikembalikan,” pungkasnya.

(mur)

loading...

Feeds

Relawan Jabar Tahan Suara Pasangan 02

Perolehan suara pasangan Prabowo-Sandiaga seolah tidak goyah untuk wilayah Jawa Barat. Meski demikian, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat, mengklaim …

Janji Palsu Pihak SMA Pelita Nusantara

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Niat menyekolahkan anak di sekolah yang layak, namun tidak sesuai harpan. Hanya kekecewan yang didapat. Itulah yang …
cisumdawu

Tol Cisumdawu Siap Digunakan Pemudik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima informasi terbaru terkait kesiapan sebagian ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), untuk mudik …
beasiswa BI

18.565 Mahasiwa Dapat Beasiswa BI

POJOKBANDNG.com, BANDUNG – Program Beasiswa Bank Indonesia dalam bentuk GenBI memasuki tahap pelantikan dan leadership camp. Program tersebut rupanya mendapatkan …
groundbreaking

Groundbreaking Tol NS Link Tunggu Jokowi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih menunggu kepastian jadwal Istana Negara terkait rencana Presiden Joko Widodo, memimpin groundbreaking …
seragam

Pikat Pemilih, KPPS Pakai Seragam SMA

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Untuk menarik minat dan meningkatkan jumlah partisifasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini, Kelompok Panitia …
bidding

Lelang Jabatan Masih Sepi Peminat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Panitia pelaksana seleksi open bidding Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi belum menerima satupun berkas lamaran dari Aparatur …
pileg

Banyak Warga Bingung, tapi Sukses

POJOKBANDUNG.com, PASEH – Pelaksanaan pemungutan suara pada pilpres dan pileg 2019.berjalan lancar dengan suasana damai meski agak membingungkan para pemilih. …