Apa Sih yang Dicemaskan dari RUU Permusikan? Oh, Ternyata

POJOKBANDUNG.com – Wendi Putranto, selaku pengamat musik sekaligus manajer band Seringai menyampaikan komentar terkait RUU Permusikan. Dia menilai RUU ini tidak bisa dianggap remeh sehingga wajib dikawal sampai selesai.


“Masalah RUU ini jangan dianggap remeh. ‘Kan ini masih RUU jangan khawatir berlebihan’, wah malah karena itu, kita harus mengawal ini sampai habis. Kalau sampai diundangkan dan kita menyesal, lebih susah untuk melakukan judicial review di MK (Mahkamah Konstitusi),” kata Wendi Putranto di Cilandak Townsquare, Jakarta Selatan, Senin (4/2).

Penulis buku Music Biz itu sudah menyatakan suara untuk menolak RUU Permusikan. Bersama sekitar 260 pelaku musik lainnya, Wendi membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan yang tengah bergulir.

Wendi menilai RUU Permusikan berpotensi membahayakan kebebasan berekspresi bagi musisi. Terutama bagi musisi independen di Indonesia. Sebab di dalam RUU Permusikan terdapat pasal-pasal yang dinilai membelenggu proses kreasi.

Dari kacamata saya, yang paling banyak mengalami represi dan penindasan nanti musisi-musisi independen. Karena pasal 18 menyebutkan untuk membuat konser harus memiliki lisensi,” ujar Wendi.

“Bayangin anak punk bikin konser kecil bisa digerubuk polisi. Aparat jadi punya kuncian lagi untuk bisa nangkepin musisi,” imbuh ayah dua anak tersebut.

(mg3)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …