Walikota Cimahi Bantah Pemkot Abaikan Dampak Lingkungan

Walikota Cimahi, Ajay M Priyatna (tengah) saat berada di Pemkot Cimahi (Gatot Pudji)

Walikota Cimahi, Ajay M Priyatna (tengah) saat berada di Pemkot Cimahi (Gatot Pudji)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna membantah Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi telah mengeluarkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada PT Nur Jaya Mandiri Property sebagai pengembang perumahan GAC berarti Pemkot telah mengabaikan dampak lingkungan dan keselamatan warga. Khususnya warga Kampung Adat Cireundeu.

Sebelumnya Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Jawa Barat (Walhi Jabar) Dadan Ramdan, melontarkan pernyataan terkait lanjutan pembangunan Perumahan Griya Asri Cireundeu (GAC) yang saat ini sudah sampai pada pematangan tanah di Gunung Gajah Langu. Pasalnya, pembangunan yang dilakukan di atas bukit itu akan berpotensi longsor dan banjir. Sebab selama ini bukit tersebut berfungsi sebagai penyangga air hujan.

Menanggapi hal itu Ajay dengan tegas mengatakan, tidak mungkin pemerintah mengorbankan lingkungan dan warga Cimahi demi pengusaha. Sebab, sebelum keluar IMB, pihak pemerintah sudah meminta banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak pemohon. Salah satunya adalah design site plan yang tidak boleh dirancang oleh pihak pengembang.

”Jadi kami yang harus melakukan design-nya karena kami khawatir apabila design dinding penahan tanah (DPT) pemasangannya tidak sesuai, maka tanahnya bisa longsor ke bawah,” tegas Ajay, saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Minggu (27/1/2019).

Menurut Ajay, untuk antisipasi dampak lingkungan pihak pemerintah juga sudah menyiapkan design dengan kreteria khusus, seperti menambah ruang terbuka hijau (RTH).

”Lahan tersebut sudah memenuhi kreteria untuk dilakukan pembangunan. Jadi kami tidak mengabaikan dampak lingkungan), nanti juga kami tetap akan memperhatikan lingkungannya dan design-nya juga akan bagus,” ujarnya.

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …