Buset! Dua Bocah di Bawah Umur ‘Hobi Ngembat’ Kotak Amal

POJOKBANDUNG.com – Peristiwa pencurian kotak amal di sejumlah masjid dan musala di kawasan Gunung Guntur, Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur, akhirnya terungkap. Dua pelaku berhasil ditangkap. Miris, keduanya masih di bawah umur.


Mereka adalah DE, 16, dan AM, 13, warga Gang Sederhana. Menurut penuturan pelaku, masjid yang pernah dibobol baru-baru ini adalah Al-Anshar, Nurul Hijrah, Ash-Shiddieq, Al-Hidayah dan Musala Nur Amin.

Orang tua kedua pelaku lantas dipanggil oleh petugas Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Utara, Sabtu malam (26/1).

“Ada upaya kekeluargaan. Pelaku juga masih di bawah umur,” sebut Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Supartono Sudin, dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Senin (28/1).

Keduanya berjanji tak mengulangi lagi perbuatannya. Pernyataan serta mediasi itu disampaikan di depan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Sumber Rejo, Bripka Sigit Wahyudi.

Orang tua masing-masing pelaku dihadirkan, termasuk pengurus masjid. Setelah diberi nasihat, mereka mengaku salah.

“Orang tua tanda tangan surat pernyataan. Mereka menjamin dan membina anaknya agar tidak mengulangi lagi,” tambahnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, perilaku kenakalan anak hingga melakukan pidana, tentu diutamakan menangkalnya. “Tak harus dihukum. Selagi masih bisa ada upaya damai kedua pihak. Dan pidananya ringan. Tidak berat. Pidana berat contohnya pembunuhan,” jelasnya.

Peran orangtua, keluarga, dan lingkungan dibutuhkan untuk memberikan pendidikan seputar pelanggaran hukum. Artinya, orangtua dapat memberikan contoh mana perbuatan baik dan tidak serta mengarah pada pelanggaran hukum.

“Pendidikan bisa tiap hari diberikan,” urainya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …