Banyak Pengembang di Kabupaten Bandung Masih ‘Bandel’

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Kepala Seksi Pengembangan prasararana, sarana dan utilitas (PSU) pada Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bandung, Dani Hamdani mengakui masih banyaknya pengembang yang belum melakukan serah terima PSU.


Secara aturan, kata Dani, pihak pengembang diharuskan menyerahkan PSU paling lambat satu tahun setelah pembangunan perumahan rampung. Di Kabupaten Bandung sendiri terdapat 343 komplek perumahan. Namun, yang telah menyerahkan PSU hanya kurang dari 10 persen.

“Yang sudah menyerahkan hanya 23 komplek perumahan. Saya kira masalah ini juga dihadapi oleh Kota/Kabupaten lain, bukan hanya di Kabupaten Bandung,” katanya.

Ada beberapa penyebab masih banyaknya pihak pengembang perumahan yang belum melakukan serah terima PSU kepada Pemerintah, seperti kemampuan pengembang, perumahan masih dalam tahap pengembangan, sampai pengembang yang lari dari tanggung jawab.

“Ada 30 persen pengembang yang mengaku tidak mampu untuk melakukan perbaikan sebelum proses penyerahan PSU. 40 persen masih dalam pengembangan, dan 30 persen pengembangnya sudah tidak ada,” ungkapnya.

Dengan masih banyaknya kompleks perumahan yang belum melakukan penyerahan PSU, maka Pemkab Bandung tidak bisa melakukan intervensi anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana di komplek perumahan, karena terbentur administrasi kepemilikan.

Menurut Dani, pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak terutama memberi sanksi kepada pengembang yang lalai dalam melakukan kewajibannya.

“Perda nomor 6 tahun 2012 tentang prosedur penyerahan PSU perumahan kepada pemerintah daerah, aturannya harus diperbaiki dulu, baru PSU diserahkan,” katanya.

Berdasarkan Perda tersebut, Dani mengatakan, bagi pengembang perumahan yang belum melakukan penyerah terimaan PSU hanya akan diberi sanksi administrasi, berupa penangguhan izin untuk membangun perumahan baru.

“Tapi dalam rekomendasi izin, kami terlewat. Rekomendasi izin ada di dinas lain. Kami hanya mengimbau dalam rapat-rapat lintas sektoral supaya menahan izin pengembang yang belum juga menyerahkan PSU,” katanya.

Dani melanjutkan, dengan banyaknya pengembang yang belum melakukan penyerahan PSU, pihaknya berencana untuk melakukan pengajuan perubahan Perda prosedur penyerahan PSU perumahan kepada pemerintah daerah.

(ipn)

Loading...

loading...

Feeds

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …
bojongloa

Delapan Rumah Diamuk Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Sedikitnya delapan unit rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bojongloa,Kecamatan …
22 pemain

22 Pemain Disiapkan Hadapi Dua Tandang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertolak ke Yogyakarta pada Kamis (5/12/2019) dengan kekuatan 22 pemain. Persib bakal menantang tuan rumah …
proyek

Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp …
Narkoba

Sosialisasi P4GN Cegah Penyalahgunaan Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyalahgunaan narkoba menjadi persoalan serius dan mendapat perhatian penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemkot Kota Bandung. Berdasarkan …
persib

Aneh dengan Permainan Persib Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan dari Persela Lamongan 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa …

Uji Kompetensi, Upaya Menjaga Kualitas Wartawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertumbuhan anggota organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terus meningkat. Para pengurus berharap kuantitas anggota yang ada berbanding …