50 Kelurahan di Kota Bandung Dipasang Sensor Cuaca

Penampakan Kota Bandung diambil dari Ketinggian

Penampakan Kota Bandung diambil dari Ketinggian

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Cyberindo Aditama (CBN) telah memasang sensor cuaca di 50 kelurahan di Kota Bandung. Pemasangan alat deteksi cuaca itu untuk mengetahui peluang terjadinya hujan yang kemungkinan menyebabkan banjir.


Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, penerapan teknologi ini bisa membantu masyarakat dalam memperoleh informasi tentang cuaca di Kota Bandung.

“Inovasi yang telah dibuat bisa diterapkan dan terkoneksi di Kota Bandung sesuai kebutuhan,” kata Yana kepada wartawan, Jumat (25/1).

Menurut Yana, Kota Bandung sebagi smart city harus terus meningkatkan inovasi untuk memberikan pelayanan maskimal kepada masyarakat.

“Ini sedang kami kembangkan agar nantinya tak hanya keluarahan saja yang punya,” imbuh Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menambahkan, sensor deteksi cuaca yang terpasang berbeda dengan yang dimiliki Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sensor dari CBN itu langsung ditempatkan di kelurahan. Sedangkan sensor BMKG melalui satelit.

“Prediksinya semakin banyak maka sensor akan semakin baik. Kita bisa mengomparasi dan masyarakat secara terbuka bisa mengetahuinya,” tutur Ahyani.

Sedangkan Chief Operating Officer Cyberindo Aditama (CBN), Marcelus Ardiwinata mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dan membantu kota Bandung di sisi lingkungan khususnya cuaca.

“Pemkot Bandung memiliki layanan Smart City. Kami bergerak untuk memberikan layanan cuaca,”ujanya.

Loading...

loading...

Feeds