Pendeta Ditipu, ASN Bapenda Sulut Tilep Pajak Kendaraan 100 Warga

Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Olvie Atteng SE M.Si

Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Olvie Atteng SE M.Si

POJOKBANDUNG.com – Seorang Pendeta sangat terkejut, ketika mengetahui pajak kendaraannya menunggak Rp 9 juta. Baru menyadari jika dirinya sudah ditipu oknum pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)  di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara.


‘’Karena kesal saya sempat memotret wajah pegawai tersebut,’’ kata sang Pendeta yang meminta namanya tak disebut.

Apa yang dikeluhkan hamba Tuhan ini juga dialami sekitar 100 orang yang mengaku menjadi korban para’calo nakal’ tersebut. ‘’Kasus ini sementara diinvestigasi oleh Inspektorat karena dari seratus pengaduan yang diajukan korban, terdapat enam personel (ASN) di lingkup Bapenda Sulut yang sedang dalam pemeriksaan,’’ kata Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Olvie Atteng SE M.Si, Selasa (22/1).

Enam pegawai Bapenda Sulut ini tersebar di tiga kabupaten/kota yakni Kota Manado, Minahasa Selatan, Minahasa Utara. Modusnya, pelaku memberikan jaminan pada masyarakat wajib pajak (korban), bahwa pajak yang dibayar/dititip sudah aman. Tidak mencurigakan karena para ‘calo nakal’ ini adalah ASN yang bertugas di front office.

Kepala Bapenda mengingatkan masyarakat lebih waspada dan hati-hati. “Sebaiknya membayar pajak via bank, bisa juga melalui jasa perbankan yang dilakukan secara online. Jangan manfaatkan calo,” tandasnya.

Sambil menunggu hasil investigasi inspektorat, keenam ASN yang telah menipu ratusan masyarakat ini telah dipindahkan ke kantor pusat dan tidak bertugas di bidang pelayanan. ‘’Saat ini kami menerapkan strategi rolling cepat bagi petugas yang bersentuhan langsung dengan uang. Sambil berharap mekanisme akan mengantisipasi komunikasi yang intensif antara petugas dan wajib pajak,” ucapnya.

Untuk sanksi ke enam ASN ini mengacuh pada PP 53 tahun 2010. ‘’ Sanksinya berat, bisa TRG dan pemecatan. Tapi kita tunggu saja hasil dari inspektorat,’’kata Olvie Ateng.

(teras/apt)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …