18 Tahun Lumpuh, Warga Cileunyi Ini Butuh Bantuan Dermawan

Ranti Triamanah, Warga Kampung Sekejengkol, Kecamatan Cileunyi menderita lumpuh.

Ranti Triamanah, Warga Kampung Sekejengkol, Kecamatan Cileunyi menderita lumpuh.

POJOKBANDUNG.com, CILEUNYI – Kemiskinan membuat masyarakat tak berdaya ketika kesehatannya terganggu.  Seperti yang dialami Ranti Triamanah yang hanya bisa terbaring lemah, karena kelumpuhannya sejak usia 2 tahun.

Warga Kampung Sekejengkol, Kecamatan Cileunyi Kabupaten ini, butuh uluran tangan pemerintah maupun dermawan yang bisa meringankan bebannya.

Perempuan 20 tahun ini belum pernah mendapatkan pengobatan dan perawatan secara intensif.

Hendi Hendrawan ( 40) salah seorang tetangga yang juga masih kerabat Ranti mengatakan, selama ini Ranti tinggal berdua bersama ayahnya yang bernama Agus (41).

Ibunya sudah lama meninggal dunia. Sehari-hari Agus lah yang merawat dan memenuhi kebutuhan anaknya itu.

“Menurut cerita Agus, anaknya itu jatuh saat usia dua tahun. Karena enggak ada biaya, yah cuma diobati seadanya saja,” kata Hendi, Selasa (22/1/2019).

Sejak itulah, kata Hendi, Ranti lumpuh hingga usianya beranjak dewasa. Ranti dirawat sendiri oleh Agus, karena ibunya meninggal  setelah cerai dengan Agus.

Menurut Hendi, sepanjang ingatannya memang Ranti tidak pernah dibawa berobat secara intensif oleh Agus. Bukan tak ingin Agus mengobati anaknya itu, namum karena kemiskinan yang menderanya membuat Agus tak berdaya menyaksikan penderitaan anak pertamanya itu setiap hari.

Jangankan untuk berobat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, Agus yang hanya pekerja serabutan cukup sulit.

“Karena ngurus Ranti, jadi Agus gak bisa  kerja ke luar kota. Yah cuma kerja serabutan di sekitar sini saja, supaya bisa tetap ngurus Ranti,” ujarnya.

(apt/pojokbandung)

loading...

Feeds