Pipa Pabrik Bocor, Warga Gunungsindur Keracunan Gas Amonia

Lokasi pabrik di Gunung Sindur yang pipanya bocor.

Lokasi pabrik di Gunung Sindur yang pipanya bocor.

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Pipa gas milik PT Indo Kristal, Kampung Poncol RT01/01, Desa Curug, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor bocor. Akibatnya sejumlah warga keracunan  amoniak.


Kapolsek Gunungsindur, Kompol Hariyanto mengungkapkan, pada Sabtu (19/01/2019) sekitar pukul 17.00 WIB pipa mengalami kebocoran dan baru bisa teratasi sekitar pukul 22.00 WIB.

Penyebabnya masih diselidiki. Masyarakat terdampak juga juga dibawa ke Puskesmas Gunungsindur,” kata Hariyanto singkat, Minggu (20/01/2019) seperti dikuti dari Pojokbogor.com.

Meski kebocoran sudah teratasi, dari informasi yang dihimpun, ada lebih dari 100 orang mengalami keracunan. Keluhan yang dialami warga yakni 26 orang mengeluh mual, sesak napas 45 orang dan pusing 42 orang.

Kepala Desa Curug, Edi Mulyadi mengatakan jika bocornya gas freon itu mengeluarkan bau tak sedap dan mengganggu pernapasan dan membuat mata pedih.

“Sudah diperbaiki tapi bau gas masih tercium meski sudah tidak terlalu menyengat. Kalau warga beberapa sudah mulai membaik setelah mendapat penanganan medis di Puskesmas Gunungsindur,” kata Edi.

“PT IK sekarang mulai melakukan perbaikan terhadap gas freon yang bocor. Namun belum normal karena masih tercium bau gas meskipun tidak seperti malam Minggu,” ujarnya.

Lokasi pabrik yang berada di perbatasan antara wilayah Kecamatan Parung dengan Gunungsindur, membuat bau gas sampai ke Kampung Tulangkuning, Desa Waru, Kecamatan Parung.

(cek/ps/ysp)

Loading...

loading...

Feeds