Malam Nanti Terjadi Supermoon, Waspada Gelombang Laut Pasang Maksimum

Ilustrasi: Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena pasang maksimum air laut pada 19-22 Januari 2019 (Express.uk)

Ilustrasi: Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena pasang maksimum air laut pada 19-22 Januari 2019 (Express.uk)

POJOKBANDUNG.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyarankan masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di laut dan pantai selama beberapa hari ke depan. Sebab, bakal terjadi fenomena supermoon atau bulan purnama besar, hari ini (21/1).


Kepala Humas BMKG Taufan Maulana mengungkapkan, supermoon kali ini terjadi berbarengan dengan bulan purnama. Kondisi tersebut bakal memengaruhi gelombang pasang air laut.

“Kami memperkirakan kondisi pasang maksimum di perairan Indonesia,” kata Taufan kemarin (19/1).

Taufan menjelaskan, saat supermoon, posisi perigee atau jarak bulan ke bumi berada pada titik terdekat. Dengan begitu, gravitasi bulan lebih berpengaruh pada pasang surut air laut. Pasang maksimum, menurut Taufan, dapat berdampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Ahmad Taufan Maulana menjelaskan kondisi tersebut membuat adanya kemungkinan cuaca menjadi terpengaruh. Misalnya dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena pasang maksimum air laut pada 19-22 Januari 2019 di beberapa wilayah,” ungkapnya dalam keterangannya, Sabtu (19/1).

Adapun wilayah yang diketahui terdampak pasang maksimum air laut yaitu, Pesisir utara Jakarta, Pesisir utara Jawa Tengah, Pesisir utara Jawa Timur, Pesisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa, Bali, Pesisir Kalimantan Barat dan
Pesisir Makassar.

Taufan pun menyatakan pasang maksimum ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

“Kami mengimbau untuk masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini,” tandasnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds