Ketika Kiai Ma’ruf dan Tokoh Sunda Solihin GP Saling Hormat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin alias Jokowi – Kiai Ma’ruf, menyambangi Provinsi Jawa Barat, Sabtu (19/1).

Presiden petahana mengikuti cukur rambut massal di Situ Bagendit di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Sedangkan Kiai Ma’ruf bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat Sunda di Kota Bandung, Jawa Barat. Sejumlah agenda lain juga menanti Kiai Ma’ruf.

Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu didampingi istri, Wury Estu Handayani, dan anaknya, Siti Marifah tiba di Hotel Horison, Bandung, disambut tokoh Sunda yang juga Gubernur Jawa Barat periode 1970 -1974, Solihin Gautama Purwanegara alias Solihin GP.

Saat acara silaturahmi, Solihin GP yang sudah berusia 94 tahun itu masih bersemangat untuk memberikan kujang dan mengalungkan sorban kepada Kiai Ma’ruf. Solihin yang juga purnawirawan TNI berpangkat letnan jenderal (letjen) dan Kiai Ma’ruf kemudian sama-sama memberikan hormat dengan mengangkat tangan mereka. Keduanya terlihat akrab.

Pada akhir acara, giliran Kiai Ma’ruf mengalukankan sorban kepada Solihin GP, dan juga sejumlah tokoh Sunda. Antara lain Ketua Komunitas Sadulur Salembur Heidi Mulyadi Hidayat, tokoh Pasundan, Didi Turmudi, dan lainnya.

Kiai Ma’ruf dalam sambutannya, mengatakan dirinya dan keluarga merasa terhormat mendapatkan sambutan dari masyarakat dan tokoh Sunda.

“Saya dinyatakan sebagai sesepuh tokoh masyarakat Jawa Barat, masyarakat Pasundan. Ya karena saya memang punya darah Pasundan, dari Padjajaran maupun Sumedang,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Dia menambahkan, hal ini tentu menjadi kehormatan baginya, serta tanggung jawab besar dalam rangka mewujudkan cita-cita leluhur dan masuarakat Pasundan.

Sedangkan Heidi Hidayat mengatakan bahwa silaturahmi yang digagasnya itu sebagai fasilitator untuk mengembangkan budaya, dan masyarakat Sunda yang agamis.

“Kebetulan Kiai Ma’ruf Amin dari Sunda,” ujar Heidi di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Dia menambahkan, dalam rangkaian acara tersebut, Kiai Ma’ruf dikukuhkan sebagai tokoh agama masyarakat Sunda.

“Sekaligus acara ini mengukuhkan beliau sebagai tokoh agama masyarakat Sunda. Itu tema hari ini,” kata Heidi.

(boy)

loading...

Feeds

SMPN

Puluhan SMPN Tak Bisa UNBK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Minimnya fasilitas komputer yang dimiliki di setiap SMP Negeri di Subang membuat puluhan sekolah SMPN di Subang …
petugas

Dua Petugas KPPS Meninggal Dunia

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Subang telah menerima laporan adanya pengawas TPS di daerah yang meninggal …
LIPI

Tiga Hasil Penelitian LIPI Dipamerkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2Telimek), menghadirkan tiga hasil penelitian …
PPDB

Pemprov Jabar Matangkan PPDB 2019

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mematangkan penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Hal itu bertujuan untuk …