Ketika Kiai Ma’ruf dan Tokoh Sunda Solihin GP Saling Hormat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin alias Jokowi – Kiai Ma’ruf, menyambangi Provinsi Jawa Barat, Sabtu (19/1).

Presiden petahana mengikuti cukur rambut massal di Situ Bagendit di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Sedangkan Kiai Ma’ruf bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat Sunda di Kota Bandung, Jawa Barat. Sejumlah agenda lain juga menanti Kiai Ma’ruf.

Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu didampingi istri, Wury Estu Handayani, dan anaknya, Siti Marifah tiba di Hotel Horison, Bandung, disambut tokoh Sunda yang juga Gubernur Jawa Barat periode 1970 -1974, Solihin Gautama Purwanegara alias Solihin GP.

Saat acara silaturahmi, Solihin GP yang sudah berusia 94 tahun itu masih bersemangat untuk memberikan kujang dan mengalungkan sorban kepada Kiai Ma’ruf. Solihin yang juga purnawirawan TNI berpangkat letnan jenderal (letjen) dan Kiai Ma’ruf kemudian sama-sama memberikan hormat dengan mengangkat tangan mereka. Keduanya terlihat akrab.

Pada akhir acara, giliran Kiai Ma’ruf mengalukankan sorban kepada Solihin GP, dan juga sejumlah tokoh Sunda. Antara lain Ketua Komunitas Sadulur Salembur Heidi Mulyadi Hidayat, tokoh Pasundan, Didi Turmudi, dan lainnya.

Kiai Ma’ruf dalam sambutannya, mengatakan dirinya dan keluarga merasa terhormat mendapatkan sambutan dari masyarakat dan tokoh Sunda.

“Saya dinyatakan sebagai sesepuh tokoh masyarakat Jawa Barat, masyarakat Pasundan. Ya karena saya memang punya darah Pasundan, dari Padjajaran maupun Sumedang,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Dia menambahkan, hal ini tentu menjadi kehormatan baginya, serta tanggung jawab besar dalam rangka mewujudkan cita-cita leluhur dan masuarakat Pasundan.

Sedangkan Heidi Hidayat mengatakan bahwa silaturahmi yang digagasnya itu sebagai fasilitator untuk mengembangkan budaya, dan masyarakat Sunda yang agamis.

“Kebetulan Kiai Ma’ruf Amin dari Sunda,” ujar Heidi di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Dia menambahkan, dalam rangkaian acara tersebut, Kiai Ma’ruf dikukuhkan sebagai tokoh agama masyarakat Sunda.

“Sekaligus acara ini mengukuhkan beliau sebagai tokoh agama masyarakat Sunda. Itu tema hari ini,” kata Heidi.

(boy)

Loading...

loading...

Feeds

lebih

Pondasi Budaya Harus Tetap Diperkokoh

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Selama ini belum ada landasan strategis mengenai kebudayaan. Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, bangsa …
rsud

Gegara BPJS RSUD Cibabat Jadi Punya Utang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Buntut tunggakan BPJS Kesehatan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat berhujung utang. Saat ini, untuk memenuhi …
dlh

Hanya 60 Perusahaan yang Nurut

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi pelaporan dokumen lingkungan berbasis digital. …
forum

Forum Pendidikan Tunanetra Protes ke Mensos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Forum Penyelamat Pendidikan Tunanetra mengadu ke Komnas HAM dan Kantor Staf Presiden (KSP). Pengaduan itu terkait polemik …
eiffel

HUT RI ke 74, Menara Eiffel Van Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulangtahun Republik Indonesia tiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. …
kcic

Eksekusi Proyek KCIC KBB Ricuh

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Eksekusi lahan untuk proyek KCIC oleh ratusan aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan Satpol PP berlangsung ricuh, …