Ketua KPK Ogah Hadiri Debat Capres, Nih Alasannya

Ketua KPK Agus Rahardjo

Ketua KPK Agus Rahardjo

POJOKBANDUNG.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak akan menghadiri debat perdana kontestan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Kamis (17/1) malam. Alasannya, lembaga antirasuah itu ingin menjaga suasana kondusif.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, lembaganya tetap berupaya menjaga independensi. Terlebih, wacana tentang upaya melibatkan KPK dalam debat capres justru memicu polemik.

“Pada waktu kami (KPK) mau masuk saja banyak yang memperdebatkan, jangan sampai masuk ranah politik. Harus independen posisi kami di mana,” ucap Agus.

Agus menuturkan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman sudah memaklumi posisi KPK. Kalaupun nanti ada perwakilan KPK yang hadir dalam debat, kata Agus, maka hanya sebagai tamu.

Lebih lanjut Agus mengatakan, dirinya memang tak masuk dalam daftar panelis debat. Walakin, tokoh asal Magetan, Jawa Timur itu mengaku ikut menyusun pertanyaan untuk debat bertema penegakam hukum, terorisme, hak asasi manusia dan korupsi tersebut.

Agus mengungkapkan, dirinya menyiapkan lima pertanyaan bertema korupsi. “Lima untuk masalah HAM, terorismenya dan hukumnya. Jadi lima masing-masing,” pungkasnya.

(ipp/JPC)

loading...

Feeds

uji coba

Uji Coba Trayek Tetap Akan Dilakukan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Rencana uji coba trayek Angkutan Kota (Kota) Umum baru, belum mendapat persetujuan dari pihak ojek pangkalan. Sebab, …