BPJS Kesehatan Cimahi Lanjutkan Kerjasama dengan 13 Rumah Sakit

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan Cabang Cimahi bersama 13 Rumah Sakit se-wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama untuk tahun 2019 dalam melayani peserta JKN-KIS, Selasa (15/01/2019).

Dalam acara tersebut juga sekaligus disosialisasikan mengenai regulasi terbaru terkait Program JKN-KIS. Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan FKRTL dapat memahami seluruh isi perjanjian yang kemudian diimplementasikan dalam pelayanan kepada peserta JKN-KIS di FKRTL masing-masing.

Pertemuan yang dibuka oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Idham Kholid bersama Kepala Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Devi Afni dan dihadiri oleh Direktur dan Kepala Rumah Sakit ini merupakan salah satu bentuk komitmen pelayanan Rumah Sakit  dan sebagai upaya koordinasi antara BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“FKRTL sangat berperan penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS, sehingga kepuasan peserta meningkat dan indeks kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Cimahi dan Bandung Barat juga lebih baik. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh Rumah Sakit yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan selama ini, kami sadar tentu masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan program ini tapi kami harap di tahun 2019 rumah sakit turut mendukung program JKN dengan ikut menyosialisasikan regulasi terbaru kepada peserta JKN-KIS,” ujar Idham.

Di sela pemaparannya, Idham juga menjelaskan bahwa di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, terdapat 2 rumah sakit mitra BPJS Kesehatan yang belum mendapat rekomendasi tahap I dari Kementerian Kesehatan karena sedang proses akreditasi. Kedua rumah sakit tersebut di antaranya RSUD Cikalongwetan dan RS IMC.

Namun melalui surat resmi tanggal 4 Januari 2019 (tahap II), Kementerian Kesehatan telah merekomendasikan 2 rumah sakit tersebut untuk tetap melayani Peserta JKN-KIS sebagai pemenuhan salah satu syarat kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan RI kedua rumah sakit yang belum selesai pengurusan akreditasinya telah direkomendasikan untuk memperpanjang kerjasama dengan BPJS Kesehatan, dan saat ini sudah dijadwalkan untuk proses akreditasi. Kami pun optimis kedua rumah sakit tersebut bisa menyelesaikan proses akreditasi selambat-lambatnya enam bulan sejak sekarang, dan selama itu peserta JKN-KIS akan tetap mendapat pelayanan disana,’’ tambah Idhamdi sela-sela acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Cibabat Cimahi, Trias Nugrahadi menanggapi kebijakan ini. Menurutnya, standar akreditasi saat ini merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien. Saat ini rumah sakit yang dipimpinnya sendiri sudah mencapai akreditasi paripurna.

“Akreditasi rumah sakit merupakan hal yang wajib dan mutlak dipunyai oleh setiap rumah sakit, RSUD Cibabat saat ini sudah mencapai akreditasi paripurna, kami harapkan juga untuk seluruh rumah sakit di Kota Cimahi juga bisa mencapai akreditasi paripurna,’’ tutup Trias.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

dinkes

Dinkes Bandung Utamakan Kualitas Puskesmas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas Puskesmas. “Untuk kondisi sekarang, yang penting bagi …
sukabumi

Pick-Up Colt L300 Dominasi Sukabumi

POJOKBANDUNG.com, PT SRIKANDI Diamond Cemerlang Motors dealer Mitsubishi Wilayah Sukabumi, didukung PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Distributor …
dpd

DPD KNPI Kota Bandung Gelar Orientasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peringati hari kemerdekaan Republik Indonesia, DPD KNPI Kota Bandung menggelar orientasi 210 peserta di salah satu pusat pendidikan …
kodim

Kemarau, Kodim 0605 Subang Bantu Petani

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kodim 0605/Subang telah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi musim kemarau panjang. Salah satunya adalah dengan melakukan pengawalan …
zurich

Zurich Luncurkan Asuransi Kelas Dunia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Zurich Indonesia meluncurkan produk asuransi penyakit kritis terbaru Zurich Critical Advantage (ZCA) dengan manfaat utama perawatan medis …
perdamaian

MWA Unpad Belum Ajukan Perdamaian

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tim Pengacara calon rektor (carek) Unpad, Prof Atip Latipulhayat, mengakui belum mendapat ajakan perdamaian secara serius dari Majelis …