BPJS Kesehatan Cimahi Jawab Isu Terkait Akreditasi RS

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sehubungan dengan telah di implementasikannya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dan guna meluruskan informasi terkait tidak bekerjasamanya lagi beberapa RS karena persoalan akreditasi, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menerima kedatangan rekan-rekan media di wilayah Kota Cimahi dan Bandung Barat, Rabu (16/01/2019).


Selain bertujuan memberikan informasi tentang Program JKN–KIS beserta regulasinya, juga sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi kepada rekan wartawan selaku mitra kerja. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Idham Kholid yang didampingi oleh Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Ilman Muttaqien, serta perwakilan wartawan dari lima media diantaranya Pikiran Rakyat, Jabar Ekspres, Radar Bandung, Tribun Jabar, dan Limawaktu online.

Idham menyampaikan bahwa sejak 1 Januari 2019, setiap rumah sakit yang ingin bekerjasama dengan BPJS Kesehatan harus memenuhi persyaratan akreditasi sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Hal ini disampaikannya di hadapan rekan-rekan wartawan.

“Akreditasi ini nantinya akan menjadi syarat mutlak dalam kerjasama antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan terkait,” terang Idham di Ruang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi.

Idham menambahkan ada pengecualian bagi rumah sakit yang telah melakukan perjanjian kerjasama sebelum Januari 2019, dapat melanjutkan kerjasamanya dengan BPJS Kesehatan. Ini merupakan jawaban untuk 2 rumah sakit di Bandung Barat yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebelum Januari 2019 namun belum memiliki akreditasi.

“Kedua RS tersebut adalah RSUD Cikalongwetan dan RS IMC yang keduanya telah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan untuk dapat melanjutkan kerjasama. Rumah sakit ini pun berkomitmen untuk tetap melayani peserta BPJS Kesehatan. Ini patut diapresiasi,” tambah Idham.

Sementara itu, wartawan dari Jabar Ekspres Nur Aziz menyambut baik kegiatan pertemuan dengan BPJS Kesehatan seperti ini. Ia pun menjelaskan bahwa rekan-rekan media akan selalu berusaha membuat berita yang berimbang di masyarakat.

”Kami selalu mencoba membangun hubungan baik dengan BPJS Kesehatan. Harapan kami ke depannya hubungan yang sudah baik ini dapat terus berjalan agar berita yang kita sajikan itu kami tampilkan secara berimbang. Memang informasi tentang akreditasi RS awal tahun ini, sempat menimbulkan pertanyaan di antara masyarakat. Namun kita bantu BPJS Kesehatan dengan memberikan porsi yang sama untuk menjelaskan penerapan regulasi tersebut,” ujar Aziz.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …