220 Kepsek Akan Pensiun, Disdik Kota Bandung Tunjuk SIKASEP

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lima tahun kedepan, sebanyak 220 kepala sekolah di Kota Bandung bakal pensiun. Untuk itu, Disdik melakukan penjaringan para kepala sekolah dengan Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional (Sikasep) Kota Bandung.

Hasilnya, dari 580 orang peserta seleksi, terpilih 51 orang untuk calon kepala sekolah SD, 2 calon kepala sekolah SMP dan 5 orang calon kepala sekolah TK.

“Sekarang mereka tinggal menjalani Diklat, setelah sebelumnya melalui tiga tahapan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung Elih Sudiapermana, kepada wartawan, Rabu (16/1/2019).

Elih mengatakan, ketiga tahapan itu adalah, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dan psikotes. Kini bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo.

“Sekarang otoritas ada di LP2KS. Mereka yang menentukan siapa yang lulus dan tidak,” terang Elih.

Salah satu syarat menjadi kepala sekolah, lanjut Elih, harus memiliki surat tanda tamat  pendidikan dan latihan, selain itu juga harus memiliki nomor unik kepsek.

“Kalau tidak memiliki STTPL maka dana BOS untuk sekolah yang bersangkutan, tidak akan dicairkan oleh pemerintah pusat,” terangnya.

Menurut Elih, pihaknya sudah memetakan sampai lima tahun ke depan ada 200 SD dan 20 SMP yang kepala sekolahnya memasuki masa pensiun.

“Sekarang saja, sudah ada 30 SD dan 3 SMP yang kepala sekolahnya sudah plt,” terangnya.

Pelantikan para kepala sekolah ini, nanti akan dilaksanakan, setelah Walikota Bandung menjabat memasuki bulan ke 6.
“Jadi kalau dihitung-hitung mukin Maret baru bisa melakukan pelantikan,” kata Elih.

Mereka yang dilantik, diharapkan memiliki kemampuan manajemen, leadership dan kewirausahaan. Karena kepala sekolah, sekarang tidak punya kewajiban jam mengajar.

“Kalau dulu, mereka harus mengajar 6 jam per minggu, sekarang kan tidak. Jadi mereka bisa mengembangkan kompetensi dengan baik,” tegasnya.

(mur/pojokbandung)

loading...

Feeds

uji coba

Uji Coba Trayek Tetap Akan Dilakukan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Rencana uji coba trayek Angkutan Kota (Kota) Umum baru, belum mendapat persetujuan dari pihak ojek pangkalan. Sebab, …