Bersama JKN-KIS, Siapkan Kelahiran Buah Hati dengan Aman dan Nyaman

Ati Wartati (26).

Ati Wartati (26).

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – BPJS Kesehatan menjamin pelayanan kesehatan setiap bayi baru lahir. Hal ini menjawab kekhawatiran masyarakat terkait tidak dijaminnya bayi yang baru lahir oleh BPJS Kesehatan.


Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang Tini Wartini mengatakan, jaminan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Pada Pasal 46 telah diatur manfaat jaminan kesehatan bagi bayi baru lahir dari ibu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Aturan ini dibuat agar tidak ada lagi berita tentang bayi baru lahir yang tidak mendapatkan layanan kesehatan karena terkendala masalah administrasi di rumah sakit,” ujarnya saat diwawancarai di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang Selasa (15/1/2019).

Dengan merujuk pada Perpres tersebut, setiap bayi baru lahir dari peserta JKN-KIS secara otomatis akan mendapatkan manfaat layanan Program JKN-KIS. Penjaminan bayi baru lahir di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) tetap mengacu wajib lapor 3×24 jam atau sebelum pulang jika dirawat lebih dari dua hari.

Karena itu, ia menyebut fasilitas kesehatan (faskes) mendorong agar peserta atau keluarganya segera mendaftarkan bayinya. Namun, ia meminta orang tua juga harus mendaftarkan dan membayarkan iuran kepesertaan bayi baru lahir tersebut paling lambat hingga 28 hari setelah kelahiran.

“Sedangkan, untuk bayi yang lahir dari ibu kandung yang bukan peserta JKN-KIS, berlaku ketentuan pendaftaran peserta dalam 14 hari,” ujarnya.

Seperti halnya ibu hamil yang datang berkunjung siang itu ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN-KIS Kelas 3, Ati Wartati (26) yang bertempat tinggal di Kampung Cibayondah, Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Ati mengatakan, alasan dirinya untuk segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS ialah untuk persiapan proses kelahiran anaknya yang kedua, yang kini usia kandungannya beranjak 4 bulan.

“Dulu waktu melahirkan anak pertama saya pakai biaya sendiri, dan lumayan menguras biaya sekarang dengan adanya BPJS Kesehatan saya daftar menjadi peserta JKN-KIS di kelas 3 saja, tidak apa-apa yang penting saya mampu membayarnya setiap bulan. Insya Allah, yang penting proses kelahiran anak saya yang kedua nantinya ditanggung BPJS Kesehatan,” ujar ibu hamil yang berusia 4 bulan ini.

(apt)

 

Loading...

loading...

Feeds

Nakes di Bandung Rasakan Efek Vaksin Covid-19

POJOKBANDUNG.com , BANDUNG – Tahap pertama pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Kota Bandung sudah dimulai, Kamis (14/1/2021). Sejumlah Puskesmas dan …