Ribuan Serangga Hitam Penuhi Masjidil Haram, Ternyata Ini Penyebabnya?

serangga di masjidil haram (istimewa )

serangga di masjidil haram (istimewa )

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ribuan serangga jenis jangkrik hitam memenuhi berbagai tempat di Kota Makkah, Arab Saudi. Tidak hanya Masjidil Haram, jangkrik hitam ini juga memenuhi rumah-rumah warga dan sekolah-sekolah.

Meski demikian, jangkrik hitam ini tidak menimbulkan ancaman bagi warga maupun jamaah umrah yang tiap saat mengunjungi Masjidil Haram. Menurut Dirut PT Mastour KH Syarqowi Ghozali Amin yang saat ini bersama jamaahnya di Makkah, serbuan jangkrik hitam ini merupakan hal biasa memasuki musim dingin.

“Banyak belalang dan jangkrik di Masjidil Haram dan di luar Haram,” ujarnya, Jumat (11/1).

Hal senada diungkapkan KJRI Jeddah. Menurut informasi sementara yang didapat KJRI Jeddah, serangga jenis jangkrik tersebut tak berbahaya. “Belum ada info resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Menurut beberapa kontak, jangkrik itu tidak berbahaya, seperti kerumunan lalat,” kata Konsul Pensosbud KJRI Jeddah Ahmad Syofian.

KJRI Jeddah masih terus mengamati perkembangan situasi terkait invasi serangga-serangga ini. Meski demikian, menurut Ahmad, kawanan jangkrik itu tak sampai memenuhi Kota Makkah, hanya area-area tertentu. “Meski jangkrik dan belalang biasa dijumpai di Makkah karena topografinya lembah, namun terlihat dalam jumlah masif ini baru pertama terjadi,” ungkap Ahmad.

Meski tidak berbahaya, jumlah jangkrik yang terus bertambah itu, menimbulkan kekhawatiran. Otoritas setempat pun mengambil tindakan. Murid-murid dievakuasi dan sekolah diasapi dengan obat serangga.

Pengasapan juga dilakukan di Masjidil Haram. Seperti dilansir media Uni Emirat Arab, The National, kemunculan jangkrik dalam jumlah besar terpantau di beberapa kawasan Makkah. “Dalam beberapa hari terakhir, saya mendapati jumlah jangkrik yang semakin bertambah di rumah saya dan di dekat pintu. Saya tidak biasanya melihat jangkrik-jangkrik itu di sekitar ini sesering ini,” kata salah satu warga Makkah yang enggan disebut namanya.

Serbuan jangkrik di Makkah memicu para pengguna media sosial yang memakai tagar #jangkrik dalam bahasa Arab dan menyatakan rasa jijik pada pemandangan tak biasa itu.

Mereka meminta penjelasan soal pemicu serbuan serangga ini. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pada pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram.

Emirat Provinsi Makkah mengerahkan 22 tim beranggotakan 138 petugas untuk membasmi jangkrik-jangkrik itu. Para petugas melakukan pembersihan juga pengasapan terhadap saluran-saluran air di kompleks Masjidil Haram dan jalanan Kota Makkah. Area-area itu disinyalir menjadi tempat reproduksi dan pembiakan serangga-serangga tersebut.

(pojoksatu)

loading...

Feeds

Jokowi Tolak Mentah-Mentah Saran Kapolri

Kunjungan Presiden Joko Widodo alias Jokowi ke Sibolga ternyata sempat ditentang Kapolri Tito Karnavian. Pasalnya, kota kecil di Sumatera Utara …