Angin Puting Beliung Terjang Rancaekek, Berikut Analisis BMKG Bandung

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, RANCAEKEK – Bencana alam angin puting beliung dilaporkan melanda wilayah Rancaekek dan Sapan Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2018) sore.
Dari data yang dihimpun, berikut analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung yang diterima kantor berita RMOLJabar:

1. Faktor lokal: berdasarkan pantauan Citra satelit terdapat pembentukan awan Cumulonimbus di sekitar wilayah Bandung Timur dan sekitarnya pada tanggal 11 Januari 2019 pukul 15:10 WIB.

2. Faktor Regional : adanya pertemuan massa udara di sekitar Jabar dan belokan angin (shearline) di Jawa Barat bagian tengah.

3. Faktor Global : Karena terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat  yang cenderung hangat sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan konvektif potensial hujan.

Sampai berita ini diterbitkan, belum diketahui secara detail jumlah rumah yang mengalami kerusakan dan korban jiwa dalam insiden tersebut.

(yud/rmo) 

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …