Bagus Sengaja Sebarkan Hoax dan Coba Hilangkan Barang Bukti

Bagus Bawana Putra (BBP) sempat berusaha menghilangkan barang bukti.

Bagus Bawana Putra (BBP) sempat berusaha menghilangkan barang bukti.

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Bagus Bawana Putra (BBP), pria yang sempat dikenal sebagai Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional Prabowo itu kini ditangkap polisi. Dia merupakan dalang penyebaran hoax tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Tanjung Priok beberapa waktu lalu.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Bagus menyebarkan hoax itu secara sengaja. “Tentunya ini adalah unsur sengaja, sangat terpenuhi, pelaku sudah mempersiapkan melalui perbuatan secara pribadi,” ujar Kasubdit I Direktorat Siber Bareskrim Polri Kombes Dani Kustoni saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (9/1).

Setelah hoax ini viral di media sosial, Bagus lantas menutup akun media sosialnya. Dia juga berupaya menghilangkan barang bukti dengan membuang handphone dan kartu SIM-nya.

“Pelaku juga sudah melakukan upaya penghapusan barang bukti yang disebarkan. Melalui teknis yang kami miliki, akhirnya kami bisa temukan,” sebut Dani.

Bagus juga sempat melarikan diri hingga akhirnya ditemukan Senin (7/1). “Pelaku berusaha meninggalkan rumah dan Jakarta, sampai ditemukan di wilayah Sragen,” tegas Dani.

Atas ulahnya, tersangka Bagus Bawana Putra dianggap melanggar Pasal 14 ayat 1 dan 2 juncto Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, dengan ancaman hukumannya 10 tahun penjara.

(jpc)

loading...

Feeds

SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Anak Tito Jadi Korban Hoaks

Jagat media sosial sedang ramai membahas video perempuan muda dengan gaya hidup glamor. Turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal …