Bergotong Royong untuk Saling Menolong

Irni Suminar

Irni Suminar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Semua orang tentu menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Saat ini mulai banyak orang yang setiap hari berolahraga, melakukan diet ketat, memeriksakan kesehatan secara teratur dan melakukan upaya mencegah penyakit lainnya agar kualitas hidup mereka meningkat. Meski telah menerapkan pola hidup sehat, memiliki perlindungan jaminan kesehatan juga adalah hal yang sama pentingnya.


Bagi Irni Suminar (35), keuangan dan kesehatan merupakan 2 hal yang tidak dapat diprediksi. Menurut wanita yang berprofesi sebagai pengajar SD Widuri Baleendah Kabupaten Bandung ini, kesehatan itu akan berdampak pada keuangan dan sebaliknya.

“Jika kita banyak uang, apalah artinya kalau tidak sehat. Uang sebanyak apapun juga bisa-bisa habis terpakai untuk berobat. Sebenarnya sehat itu mahal harganya kalau kita hitung-hitung secara finansial. Siapa sih yang mau sakit walaupun ditawari uang sepuluh juta,” canda Irni, Selasa (8/1).

Irni mengungkapkan bahwa hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan merupakan solusi yang tepat untuk menyeimbangkan keuangan dan kesehatan. Menurutnya, Program JKN-KIS telah terbukti membantu menjaga kondisi keuangan masyarakat agar tidak jatuh miskin ketika sakit. Irni pun mengapresiasi konsep gotong royong yang diterapkan dalam program tersebut.

“Ketika yang sehat membantu yang sakit, yang mampu membantu yang tidak mampu, yang muda membantu yang tua. Semua ikut bergotong royong untuk saling menolong. Saya sendiri yang sudah merasakan manfaatnya, apalagi bagi yang lain dengan beragam pengobatan, operasi, rawat inap, rawat jalan. Aduh, sudah berapa banyak yang ditanggung BPJS Kesehatan. Memangnya kita bisa membiayai itu semua dari kantong sendiri?” ucap Irni.

Irni juga mengatakan bahwa suksesnya Program JKN-KIS ini tidak lepas dari peran pemerintah, BPJS Kesehatan, tenaga medis, hingga seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi menjadi peserta JKN-KIS dan selalu rajin bayar iuran setiap bulannya.

“Terima kasih peserta JKN-KIS. Semoga kita semua bisa senantiasa dalam keadaan sehat. Jangan pantang menyerah untuk terus mengalirkan kebaikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” harap Irni.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …