Cobalah Rebusan Kaldu Lengkuas yang Punya 3 Khasiat bagi Usus

POJOKBANDUNG.com – Berbagai bumbu dapur atau rempah alami sering digunakan oleh ibu rumah tangga dalam setiap masakan. Tujuannya untuk membuat masakan lebih sedap dan gurih serta tidak berbau amis. Salah satu bumbu dapur yang tersedia adalah lengkuas.

Lengkuas banyak digunakan oleh berbagai negara di Asia sebagai bahan masakan. Ternyata lengkuas juga dipercaya sebagai obat. Bentuknya yang seperti jahe, juga memiliki khasiat sehat seperti jahe. Salah satunya untuk menyehatkan usus.

Dilansir dari Mind Body Green, Minggu (6/1), lengkuas bisa dibuat menjadi rebusan kaldu untuk mendapatkan khasiatnya. Lengkuas merupakan bagian dari tanaman akar-akaran, keluarga tanaman yang sama dengan jahe. Tidak seperti jahe, lengkuas hanya bisa diiris, tidak diparut, karena bagian luarnya lebih keras.

lengkuas, manfaat lengkuas, bumbu dapur,
Kaldu lengkuas bisa dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan lainnya. (Real Foods)

Lengkuas juga memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada rasa pedas jahe. Lengkuas juga disebut sebagai jahe Thailand karena popularitasnya, yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan ayurveda serta obat-obatan dalam budaya Asia lainnya.

Lengkuas memiliki kolagen dan nutrisi lain yang cocok dengan senyawa kuat lainnya yang bekerja untuk menyembuhkan usus melalui berbagai cara. Apa saja khasiatnya?

Anti-inflamasi

Peradangan adalah penyebab sekaligus efek kesehatan usus yang buruk. Beberapa penelitian telah menunjukkan kemampuan lengkuas untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh dengan menurunkan sitokin pro-inflamasi IL-6 dan jalur inflamasi NF-kb karena kandungan fitonutriennya.

Antibakteri dan Antijamur

Ketidakseimbangan bakteri dalam microbiome juga berkontribusi terhadap masalah usus dan memicu peradangan. Salah satu infeksi bakteri yang paling umum di dunia adalah H. pylori dengan jenis bakteri tertentu yang telah dikaitkan dengan tukak lambung dan masalah usus lainnya. Lengkuas telah terbukti membantu meringankan bisul serta menghilangkan keberadaan bakteri ini. Itu juga telah ditunjukkan untuk melawan bakteri kuat lainnya seperti E. coli, clostridium, staphylococcus, dan salmonella.

Merawat Usus

Meningkatkan autophagy, proses tubuh membersihkan sel-sel tua dan rusak. Sehingga memberi jalan bagi sel-sel muda yang lebih sehat. Penelitian baru menunjukkan bahwa autophagy diperlukan untuk mengatur keseimbangan bakteri yang tepat dalam usus dan mempertahankan lapisan usus yang sehat. Lengkuas telah terbukti secara langsung menginduksi proses autophagy.

Lantas, bagaimana cara mengubah lengkuas agar bermanfaat?

Cara Memasak

Lengkuas segar dapat ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Caranya bisa cukup merebusnya selama 30 menit, menambahkan dalam masakan atau membuat kaldu dengan bahan lainnya.

Bahan-bahan:
3 batang serai
sepotong lengkuas 1 inci, diiris menjadi bulat
3 bawang putih, iris
½ sendok teh garam
1 sendok teh lada
3 batang seledri (tambahkan seledri hijau di bagian atas kaldu juga untuk tambahan nutrisi)
4 potong daun jeruk purut
3 hingga 4 tangkai daun ketumbar, untuk hiasan

Lalu masukan semua bahan dan rebus selama 20 menit. Bisa disimpan di dalam toples dan kulkas kemudian ditambahkan pada bumbu masakan atau diminum langsung beberapa sendok.

(jpc)

loading...

Feeds

KPK Kembali Tetapkan RY Sebagai Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) sebagai tersangka. Padahal, mantan Bupati Bogor ini baru …
hiv

Pemda Dituntut Tingkatkan Pengawasan HIV/AIDS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Untuk mengefektifkan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS, tidak bisa dilakukan oleh pihak terkait atau yang ahli dibidangnya saja. …