Cerita Murid Kelas VI SD yang Punya Nama 52 Huruf

Aurora Alpha Century Pelangi Hati Putri Ardita Suarnawinata dan Rita Slamet

Aurora Alpha Century Pelangi Hati Putri Ardita Suarnawinata dan Rita Slamet

POJOKBANDUNG.com, CIREBON – Rita Slamet dan Sutardi bangga memiliki seorang putri dengan nama panjang Aurora Alpha Century Pelangi Hati Putri Ardita Suarnawinata.

Anak pertama mereka tersebut dipanggil Aurora. Dia kini duduk di bangku sekolah dasar Karang Mulya Kota Cirebon, Jawa Barat.

Mempunyai nama yang tak biasa sampai 52 huruf tersebut seringkali membuat berbagai pertanyaan. Bahkan cibiran diarahkan langsung kepada Rita sebagai orang tua. Namun, itu tidak masalah bagi Rita dan suami. Karena sejauh ini, nama anaknya tersebut diakuinya punya makna yang baik dan indah.

Sejak dibuat nama anaknya sepanjang itu, Rita memang sempat khawatir dengan sang anak. Khususnya ketika di masa sekolah. Misalnya untuk mengisi kertas ujian terkait biodata diri. Namun lagi-lagi, ia merasa tak khawatir karena sang suami pun yakin jika nama anaknya akan baik-baik saja.

“Dari lingkungan masyarakat sekitar juga. Sempat waktu aqiqah dulu ada gunjingan gitu. Dari awal saya sempat kasihan nanti kalau mau tes di sekolah gimana. Tapi ayahnya bilang ke depan kan zaman makin canggih dan tidak usah khawatir lagi. Karena prinsipnya, saya sudah kasih nama anak itu, gitu,” cerita Rita kepada Radar Cirebon.

Delapan suku kata untuk nama anak pertama mereka itu, lanjut Rita, punya arti khusus yang berarti. Aurora-Alpha-Century diambil dari bahasa Yunani yang artinya perempuan kesatria pembela dan pemberani.

Sedangkan Pelangi-Hati yang berarti bewarna-warni di hati. Untuk Putri-Ardita sendiri punya arti putri dari Sutardi dan Rita yang disingkat menjadi Ardita.

Terakhir, Suarnawinata sendiri merupakan nama kakek dari Aurora.

“Pak RT di rumah itu pernah bilang, ini se-RT diborong semua namanya pas waktu bikin akta kelahiran anak saya ini. Saya juga perlu waktu lama untuk ngapalinnya,” ungkapnya.

Di sela wawancara, Aurora ikut angkat bicara. Dia sosok ramah dan sopan. Tampak menjawab pertanyaan dengan malu-malu, tapi ada kepercayaan diri. Ketika ditanya bagaimana rasanya punya nama yang sangat panjang, dia menjawab dengan percaya diri. “Enggak apa-apa. Karena udah terbiasa dari TK,” ucapnya.

Buat anak-anak, nama sepanjang ini sangat menarik perhatian. Untuk itu Aurora mengaku kerap kali mendapat usilan teman-teman. Meski begitu, ia tidak pernah malu. Menurutnya, nama yang diberikan ayahnya ini sangat berharga. Terlebih lagi punya arti yang baik.

“Kata ayah enggak apa-apa kok nama dikasih orang tua itu bagus. Teman-teman sekarang mah udah biasa karena udah tau,” katanya.

Siswi kelas VI itu menceritakan, sejak duduk di bangku sekolah, ketika ujian atau menuliskan namanya, ia hanya akan menuliskan tiga suku kata nama depannya. Yakni Aurora Alpha Century. Sisanya, disingkat saja.

Sementara itu, nama panjang Aurora bikin kaget Helma N Rachmika, Tim Pengolah Data Ujian Nasional Disdik Kota Cirebon. Selama empat tahun bertugas, baru kali ini Helma menemukan nama siswa calon peserta Ujian Nasional (UN) yang sangat panjang. Dari 163 sekolah di Kota Cirebon, ya inilah siswa dengan delapan suka kata untuk namanya.

“Mudah-mudahan ke depannya enggak ada masalah di penulisan datanya ya. Saya pun baru menemukan nama sepanjang ini. Tim kita di kantor juga sampai kaget karena namanya ini panjang. Secara administrasi mungkin akan kesulitan pada saat menuliskan LJK di kertas UN ke depannya. Karena di LJK itu hanya ada 20 kolom. Mudah-mudahan bisa cukup kalau disingkat saja namanya. Tapi ketika di ijazahnya tetap sama dengan akta juga,” ujar Helma. 

(myg)

 

 

loading...

Feeds

petani

Petani di Cipageran Terpaksa Panen Dini

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kekeringan yang melanda Kota Cimahi sejak sebulan lalu, cukup dirasakan petani di wilayah Keluarahan Cipageran, Kecamatan Cimahi …