Edan! Modifikasi Harley Davidson Pakai 2 Mesin V-Twin

POJOKBANDUNG.com – Bagi para modifikator, tampilan Harley Davidson bisa dibuat dengan beragam gaya, baik fokus pada penggunaan harian atau yang lebih ekstrem untuk kegunaan trek misalkan ala drag bike.

Di tangan modifikator Hot Chop di Kyoto, Kentaro Nakano membuat perbedaan yang mungkin belum pernah dilakukan yakni menggabungkan dua mesin V-Twin. Langkah ini sebenarnya sudah pernah populer pada pertengahan 70-an seperti oleh Bonnie Truett.

“Saya memulai proyek pada Desember 2017. Ini merupakan penghargaan untuk pembalap drag tahun 1970-an, menggunakan mesin Sportster XLCH,” kata Nakano seperti dilansir Bikeexif, Sabtu (29/12).

Untuk mesin bagian depan, Nakano menjelaskan mengusung mesin Vintage Ironhead lansiran 1969. Bahan bakar diukur melalui karbohidrat S&S Super B (yang pertama kali dijual di pasaran pada 1975).

Nakano juga telah mengubah timing, untuk menciptakan celah. Saat idle, ‘Double Trouble’ terdengar seperti Harley biasanya, namun saat digeber di putaran mesin tinggi lebih seperti mesin multi-silinder.


Modifikasi Harley Davidson 2 mesin V-Twin. Foto: BikeExif

Kemudian, plat penghubung menghubungkan V-twin bersama-sama dan poros keluaran dihubungkan ke dua drive utama, satu dari Sportster model saat ini dan satu lagi dari tur Big Twin modern. Memperhalus transmisi, Nakato memasang Four speed Box dari Big Twin tahun 1980.

Menggendong dua mesin V-twin, Nakano mulai mengalihkan perhatiannya ke rangka. Di mana sasis dibuat khusus menggunakan pipa baja. Kemudian pada bagian suspensi depan mengaplikasikan milik Ducati 750 Imola yang sedikit modifikasi. Pelek aluminium 18 inci dengan tipe-H klasik turut dipasangkan.

Tenaga berlebih tentu Nakano juga menyiapkan sistem pengereman yang mumpuni dengan mengambil produk aftermarket yang sudah diakui di kalangan pembalap drag dunia.

Kokpitnya sederhana dengan tachometer Harley 1970-an tepat di depan. Bodywork aluminium minimalis namun terlihat ekstrem disajikan seperti duduk di atas tabung bingkai dan penutup pada belakang kursi yang merangkap sebagai tangki BBM.

Sayang, kerja keras Nakano pada tunggangan Harley Davidson miliknya ini belum sempat diuji hasil kecepatan berlarinya. Penasaran?

(mg9)

loading...

Feeds

KPK Kembali Tetapkan RY Sebagai Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) sebagai tersangka. Padahal, mantan Bupati Bogor ini baru …
hiv

Pemda Dituntut Tingkatkan Pengawasan HIV/AIDS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Untuk mengefektifkan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS, tidak bisa dilakukan oleh pihak terkait atau yang ahli dibidangnya saja. …