Gempa 7,1 SR Guncang Sulut Hingga Filipina

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Gempa bumi berskala besar mengguncang wilayah Filipina dan Sulawesi Utara. Gempa terjadi sekitar pukul 10.39 WIB. Kekuatannya terbaca hingga magnitudo 7,1.


“Episenter terletak pada koordinat 5,85 LU dan 126,81 BT tepatnya di laut pada jarak 201 kilometer arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/12).

Rahmat menjelaskan, gempa ini terjadi akibat aktivitas lempeng laut Filipina. Gempa terjadi pada kedalaman 69 kilometer di bawah permukaan laut.

“Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina,” jelasnya.

Gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah, seperti Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina, dalam skala intensitas V MMI. Sementara itu gempa ini juga dilaporkan masyarakat dirasakan di wilayah Indonesia seperti di Melonguane Kepulauan Talaud dalam skala intensitas IV MMI.

Dirasakan pula di Tahuna, Kepulauan Sangihe intensitas III-IV MMI; Siau Sitaro, Tobelo, Morotai intensitas III MMI; sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI.

Meski demikian BMKG menegaskan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Sehingga masyarakat diminta tidak panik dan tidak termakan kabar hoax.

“Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia,” pungkas Rahmat.

(ce1/sat)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …